Rutin Minum Teh Jahe Setiap Hari, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Minggu 23-06-2024,14:50 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

Senyawa ini bahkan telah diteliti sifat anti-inflamasinya pada penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, penyakit radang usus, dan psoriasis. Jahe dapat memberikan manfaat anti-inflamasi dengan mengurangi produksi dan pelepasan molekul inflamasi seperti prostaglandin E2 dan sitokin pro-inflamasi. Oleh karena itu, meminum teh jahe secara rutin dapat menurunkan penanda peradangan yang terkait dengan penyakit kronis lainnya.

3. Meredakan Nyeri

Dilansir dari Forbes, rutin mengkonsumsi teh jahe juga bisa meredakan nyeri. Faktanya, jahe terbukti efektif mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi, terutama jika digunakan pada beberapa hari pertama siklus menstruasi. 

Menurut tinjauan enam penelitian berbeda, tidak ada perbedaan signifikan antara jahe dan obat anti inflamasi seperti aspirin atau ibuprofen dalam pengobatan nyeri haid. 

BACA JUGA:Dinkes Bengkulu Tengah Sebut Rapat di Hotel Berbintang Rekomendasi Bapelkes, Jawaban Bapelkes Mencengangkan

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Poco X5 5G: HP Murah 5G dengan Performa Gaming Banget

Selain itu, jahe dapat membantu meredakan nyeri yang berhubungan dengan nyeri otot, migrain, osteoartritis lutut, dan nyeri punggung bawah kronis. Efek melegakan ini mungkin disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dan antioksidan jahe yang kuat. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui seberapa efektif teh jahe dalam mengatasi nyeri.

4. Menjaga Gula Darah Stabil

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengendalikan peningkatkan gula darah. Menurut ulasan tersebut, jahe dapat membantu menurunkan gula darah puasa dan hemoglobin A1C (ukuran kadar glukosa darah selama tiga bulan) pada penderita diabetes tipe 2, dan jahe meningkatkan glukosa di jaringan perifer. 

Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan gula darah dan meningkatkan pengendalian diabetes. Sederhananya, jahe dapat membantu memindahkan glukosa dari aliran darah ke dalam sel, sehingga menurunkan gula darah.

Efek Samping Yang Dapat Timbul Mengkonsumsi Berlebihan

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Redmi 10 5G: HP Murah 5G dengan Jaringan Super Ngebut

BACA JUGA:Menderita Asam Urat? Ini Dia Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Obat Alami dan Harus Dihindari

Minum terlalu banyak teh jahe juga memiliki risiko dan efek samping bagi kesehatan. Menurut Food and Drug Administration (FDA), jahe dianggap aman dalam dosis hingga 4 gram. Teh jahe yang dikonsumsi terlalu banyak atau dalam jumlah banyak dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti:

1.      Mulas

2.      Diare

Kategori :