KAI Catat Penjualan Tiket Tembus 900 Ribu Selama Lebaran 2025

--
RAKYATBENTENG.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat pencapaian luar biasa selama masa angkutan Lebaran 1446 H/2025. Sebanyak 902.715 tiket Kereta Api berhasil terjual dalam periode 21 Maret hingga 11 April 2025. Dari total 1.048.620 kursi yang disediakan, tingkat okupansi penumpang mencapai 86 persen. Inin menandakan tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi ini.
Dilansir dari disway.id, selama periode yang sama, jumlah penumpang yang tiba di wilayah Daop 1 Jakarta tercatat sebanyak 755.137 orang. Lonjakan ini menunjukkan bahwa kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat untuk mudik dan balik Lebaran.
BACA JUGA:Kapan Idul Adha 2025? Simak Jadwal Libur Resmi Berdasarkan SKB 3 Menteri
“Selama masa angkutan Lebaran tahun ini, kami mengoperasikan 1.876 perjalanan KA, baik untuk arus mudik maupun balik,” ungkap Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta.
Rinciannya, sebanyak 1.003 perjalanan berangkat dari Stasiun Gambir dan 873 perjalanan dari Stasiun Pasar Senen. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Daop 1 Jakarta juga menambah 380 perjalanan KA tambahan dengan total kapasitas 194.260 tempat duduk.
KA Tambahan:
- Dari Stasiun Gambir: 255 KA, 126.286 seat
- Dari Stasiun Pasar Senen: 125 KA, 67.974 seat
Bahkan satu hari setelah masa angkutan Lebaran berakhir, yakni Sabtu, 12 April 2025, KAI Daop 1 Jakarta tetap mengoperasikan 84 KA jarak jauh dengan ketersediaan 47.018 kursi. Dari jumlah tersebut, 31.079 tiket telah terjual dan tingkat okupansi mencapai 66 persen. Sementara itu, 43.487 penumpang tercatat tiba di wilayah Daop 1 Jakarta pada hari tersebut.
BACA JUGA:Lebaran 2025, KPK Terima 561 Laporan Gratifikasi Senilai Rp341 Juta!
“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya memilih kereta api sebagai teman perjalanan selama mudik dan balik Lebaran,” tutur Ixfan.
Tak lupa, KAI juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan layanan selama periode padat tersebut.
Dengan semangat kolaborasi dan pelayanan maksimal, KAI terus berkomitmen memberikan pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh masyarakat Indonesia. (**)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: