Laptop Tiba-tiba Lemot? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Laptop Tiba-tiba Lemot? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ada acara mudah atasi laptop lemot anti ribet dan auto ngacir sehingga pekerjaan menjadi lancar.-freepik---

Laptop dapat memuat aplikasi dalam jumlah terbatas secara bersamaan, tergantung pada kapasitas RAM (Random Access Memory). Jika banyak aplikasi yang terbuka maka proses di laptop akan semakin lambat.

BACA JUGA:Derita Kolesterol Tinggi? Ketahui Penyebabnya, Nomor 3 Perlu Diwaspadai

BACA JUGA:Buruan Daftar! PT Jasa Raharja Buka Loker BUMN Bagi Lulusan S1 Semua Jurusan

5. RAM dan Memori Penuh

Seperti diketahui, RAM berfungsi menyimpan data sementara saat prosesor laptop memproses atau memuat aplikasi. Kapasitas RAM akan penuh dengan banyaknya aplikasi atau tindakan yang diproses oleh laptop. Jika RAM penuh maka kecepatan pemrosesan laptop akan menurun. 

Selain RAM, penyimpanan atau hardisk yang penuh juga bisa membuat laptop menjadi lambat. Kapasitas memori penyimpanan untuk menyimpan dan membaca data akan berkurang seiring dengan banyaknya file yang dikandungnya.

6. Paparan Panas Berlebih

Suhu tinggi dapat memperlambat laptop. Ketika laptop terkena panas berlebihan, kecepatan pemrosesannya bisa turun secara signifikan. Suhu tinggi ini bisa berasal dari performa laptop yang tinggi atau karena faktor luar seperti kondisi sekitar.

BACA JUGA:Benarkah Penjualan Pertalite Dihentikan Mulai 1 September 2024, Berikut Penjelasan Resmi Pertamina

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Mobil Kades Jayakarta Terparkir di Pinggir Jalan Nyaris Ludes Terbakar

7. Perangkat keras membutuhkan perawatan

Penyebab laptop lemot lainnya adalah banyaknya kotoran yang menumpuk di beberapa komponen sehingga memerlukan perawatan. Debu dan kotoran kecil memang bisa menempel pada komponen laptop. 

Jika menumpuk, kotoran ini dapat mengganggu sirkulasi udara yang penting untuk mendinginkan laptop. Akibatnya laptop bisa menjadi lebih cepat lemot dan akhirnya menjadi lemot.

Demikianlah beberapa penyebab umum laptop lemot atau lemot. Penting untuk memperhatikan penyebab-penyebab di atas untuk mengidentifikasi solusi yang dapat diambil ketika Anda mengalami masalah laptop lambat. 

BACA JUGA:Mau Beli HP Murah tapi Canggih? Ini Dia 6 Rekomendasi HP dengan Fitur NFC Terbaik 2024, Harga Cuma Sejutaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: