Gunung Everest Impian Banyak Pendaki di Dunia, Simak Penjelasan Singkat Pendakian Pertama ke Puncak Tertinggi

Gunung Everest Impian Banyak Pendaki di Dunia, Simak Penjelasan Singkat Pendakian Pertama ke Puncak Tertinggi

Gunung Everest merupakan salah satu destinasi wisata gunung terpopuler di Nepal --disway.id--

RAKYATBENTENG.COM - Gunung Everest merupakan salah satu destinasi wisata gunung terpopuler di Nepal. Gunung ini memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut sehingga menjelajahi jalur dan puncaknya membutuhkan kebugaran fisik dan biaya yang tidak sedikit.

Ada banyak fakta menarik tentang Gunung Everest. Salah satunya terkait kisah pertama kali pendakian gunung tersebut dan perjalanannya yang menimbulkan banyak korban jiwa.

Apakah Gunung Everest benar-benar gunung tertinggi di dunia? Bukankah pertanyaan-pertanyaan ini terkadang muncul di kepala Anda? Nah berikut ini rangkuman lengkap Gunung Everest terbaik. Ini mungkin menjawab beberapa pertanyaan anda.

BACA JUGA:Tidak Hanya Pasutri Gaje, Ini Dia Deretan Film Komedi Indonesia yang Dibintangi Reza Rahadian

BACA JUGA:Inilah Daftar Mobil Listrik dengan Kapasitas Baterai Besar, Cocok Buat Perjalanan Jauh

1. Gunung Tertinggi di Dunia Diatas Permukaan Laut

Gunung Everest adalah bagian dari pegunungan Himalaya. Ini adalah salah satu pegunungan tertinggi di dunia. Tak heran jika banyak gunung Himalaya, termasuk Gunung Everest, yang berada di atas 8.000 meter di atas permukaan laut. Gunung Everest terletak di sub-range Mahalangur Himal di perbatasan Nepal-Tibet Tiongkok.

Seperti gunung lain di Himalaya, Gunung Everest dihormati oleh penduduk setempat. Di Tibet, Gunung Everest disebut "Chomolangma", yang berarti "Ibu Semesta". 

Nama tersebut pertama kali tercatat dalam manuskrip Atlas Kangxi Tiongkok pada tahun 1721. Saat ini di Nepal, Gunung Everest disebut 'Sagarmatha' yang artinya kepala langit.

BACA JUGA:Main Mobile Legends Terasa Berat? Ini Dia HP Gaming yang Cocok untuk Dibeli, Harga Murah Mulai dari Sejutaan

BACA JUGA:Mobil Toyota Satu Ini Jadi Impian Setiap Orang Memilikinya, Spesifikasi dan Fitur Terbaik Dikelasnya

Apakah Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia? Berdasarkan catatan Jurnal Life Science, Gunung Everest merupakan gunung tertinggi kedua setelah Mauna Kea di Hawaii. Ketinggian Mauna Kea adalah 10.210 m. Kaki gunung ini berada di dasar lautan pada kedalaman 6.000 meter.

2. Pertama Kali Diteliti Pada Abad ke-19 Dilakukan Oleh Britania Raya

Pada pertengahan abad ke-19, Britania Raya melakukan survei untuk memetakan wilayah India Britania, termasuk wilayah Himalaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: