5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Dijamin Efektif!

5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Dijamin Efektif!

5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa yang Dijamin Efektif!--

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Anda pasti pernah terganggu bau mulut saat berpuasa, bukan? Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur di dalam mulut. Pasalnya, saat berpuasa, tidak ada makanan maupun minuman yang masuk sehingga mulut cenderung kering.

Oleh karena itu, produksi air liur yang berperan sebagai antiseptik alami juga berkurang. Padahal, air liur penting untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

BACA JUGA:5 Keunggulan Mobile Legends dari Game MOBA Lainnya, yang Terakhir Paling Berpengaruh

5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa
Jangan sampai rasa percaya diri Anda turun karena masalah bau mulut saat bulan puasa. Simak 5 cara berikut untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa:

1. Sikat Gigi dengan Benar
Menyikat gigi secara teratur adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. Hal ini karena bau mulut umumnya disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel di mulut. Oleh karena itu, penting untuk rutin menyikat gigi setelah berbuka dan sahur.
Selain itu, Anda juga dapat menyikat gigi di siang hari, tetapi pastikan untuk tidak menelan air atau pasta gigi. Pastikan pula bahwa Anda menyikat gigi dengan benar, menggunakan sikat gigi yang bisa mencapai semua bagian mulut, termasuk sela-sela gigi.

2. Berkumur dengan Mouthwash
Menurut dokter gigi Susi R. Puspitadewi, salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa yakni dengan berkumur menggunakan mouthwash. Pasalnya, berkumur dengan mouthwash dapat menyegarkan napas dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.
Kemudian, pilihlah obat kumur yang dapat membunuh bakteri mulut untuk hasil yang optimal, sehingga proses pembusukan sisa makanan oleh bakteri dapat dicegah. Berkumur dengan mouthwash masih diperbolehkan selama bulan puasa, tetapi harus dilakukan dengan bijaksana dan tidak berlebihan. Pastikan juga untuk tidak menelan mouthwash saat berkumur.

BACA JUGA:Hidup Sehat dengan 4 Sehat 5 Sempurna Atau Gizi Seimbang?

3. Membersihkan Lidah
Lidah dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut. Jika nafas terasa tidak sedap, membersihkan lidah dengan alat pembersih khusus dapat membantu. Tidak perlu menggunakan pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah, namun pastikan alat pembersih lidah selalu dalam kondisi bersih.

4. Memenuhi Kebutuhan Cairan dengan Baik
Ketika puasa, pastinya Anda tidak dapat mendapatkan asupan cairan di siang hari. Solusinya adalah selalu penuhi kebutuhan cairan dengan baik selama buka puasa hingga sahur.
Pastikan Anda minum cukup air mineral atau air putih setiap hari, sekitar 1,5-2,5 liter atau 8 gelas. Anda dapat membagi konsumsi air tersebut menjadi tiga kali sehari selama berpuasa, yaitu 3 gelas saat berbuka, 2 gelas sebelum tidur, dan 3 gelas saat sahur.
Dengan cara ini, Anda dapat menjaga agar kondisi mulut tetap lembab, sehingga bakteri penyebab bau mulut tidak mudah berkembang. Selain itu, air mineral juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

5. Konsumsi Buah dan Sayur
Segala macam jenis buah dan sayuran dapat membantu mengurangi bau mulut yang tidak sedap saat berpuasa. Pasalnya, buah maupun sayur ternyata dapat menjaga kelembaban mulut, meningkatkan produksi air liur, serta membersihkan area mulut dari kuman penyebab bau mulut dan juga plak.
Itulah 5 cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang bisa Anda terapkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut dihantui bau tidak sedap pada mulut saat berpuasa.

Anda bisa membeli obat kumur maupun kebutuhan rumah tangga lainnya dengan praktis dan hemat melalui Blibli. Terlebih lagi Blibli sedang menggelar Promo THR (Tiap Hari Raya) yang menyediakan berbagai produk dengan harga super murah selama Ramadhan. Jangan lewatkan promo ini dan nikmati belanja hemat hanya di Blibli!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: