Apa Sih Keuntungan dan Kekurangan Investasi Emas? Yuk Simak Penjelasannya

Apa Sih Keuntungan dan Kekurangan Investasi Emas? Yuk Simak Penjelasannya

ilustrasi--

BACA JUGA:Sejumlah Oknum Pelajar SMA Ternama di Bengkulu Tengah Berurusan dengan Polisi, Kasus Apa?

1. Diversifikasi, investasi emas dapat memberikan diversifikasi pada portofolio investasi kita, karena tidak berkorelasi secara langsung dengan aset lain seperti saham dan obligasi. 

2. Terhindar Inflasi, emas memiliki nilai yang cenderung meningkat setiap waktu ketika biaya hidup meningkat, sehingga tidak terdampak pada inflasi yang terjadi setiap tahun.

3. Potensi Pertumbuhan, karena nilainya yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu, emas dapat memberikan imbal balik investasi. Meskipun tidak ada jaminan pasti, emas dapat mempertahankan nilainya dan bahkan meningkatkan nilai dalam jangka panjang tapi kecenderungan kenaikan emas lebih besar dari pada penurunan setiap tahunnya.

4. Likuiditas, emas merupakan aset yang likuid atau dapat dengan mudah kita beli dan jual di pasar secara global. Sehingga dengan mudah dapat menjadi uang tunai ketika keadaan darurat.

Tidak hanya keuntungan, investasi emas juga memiliki risiko yang dapat kamu pertimbangkan seperti.

BACA JUGA:5 Makanan yang Terbukti Ampuh Tingkatkan Aktivitas Seksual, Pasutri Wajib Tahu Nih!

BACA JUGA:6 Kota Terindah di Indonesia yang Kaya Budaya dan Wisata versi Wisatawan Mancanegara, Adakah Kotamu?

1. Nilai emas bisa turun, sama seperti bentuk investasi lainnya. Emas bukanlah sebuah jaminan kita akan mendapatkan pengembalian yang tinggi ketika menjualnya.

2. Penyimpanan dan keamanan rawan. Berinvestasi pada emas fisik seperti emas batangan atau koin, tempat penyimpanan yang aman untuk mencegah pencurian atau kerusakan. Sehingga akan membutuhkan tempat dan perlengkapan dengan biaya yang lebih besar.

3. Risiko likuiditas. Meskipun emas adalah aset yang sangat likuid diantara aset lainnya, tidak menutup kemungkinan ada kalanya sulit melakukan pembelian ataupun penjualan, terutama pada saat tekanan pasar atau ketidakpastian ekonomi.

Itulah tadi penjelasan tentang investasi emas beserta keuntungan dan kekurangannya, semoga kita dapat tepat memilih dalam berinvestasi sesuai dengan kebutuhan kita.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: