Masih Ragu Pelihara Kucing? Simak Beberapa Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

Masih Ragu Pelihara Kucing? Simak Beberapa Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

Ilustrasi--

Masih Ragu Pelihara Kucing? Simak Beberapa Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan 

RAKYAT BENTENG.COM - Kendati menjadi salah satu hewan peliharaan terfavorit di seluruh penjuru dunia namun tidak sedikit yang masih ragu untuk memelihara kucing di rumah. Padahal memiliki kucing bukan sekadar menjadi teman setia dan membuat hari-hari di rumah jadi lebih berwarna. Memelihara kucing memberikan manfaat untuk kesehatan mental dan fisik, bahkan meningkatkan kualitas hidup Anda. 

Berikut beberapa manfaat memelihara kucing bagi kesehatan seperti dilansir dari hellosehat.com 

1. Mengurangi kecemasan

Sebuah studi terbitan Animals (2021) menemukan bahwa manfaat memelihara kucing bisa mengurangi kecemasan. Bagaimana hubungannya? 

Kontak fisik dengan kucing peliharaan menciptakan dukungan emosional yang sama seperti saat Anda melakukan interaksi sosial. 

Hal ini bisa mengurangi perasaan tertekan, kecemasan, dan emosi negatif lainnya. Bermain dengan kucing juga membantu menghilangkan kesepian saat depresi. 

Tidak hanya itu, suara dengkur kucing bisa membantu menenangkan sistem saraf, sehingga Anda bisa merasa lebih lega dan rileks saat mengalami stres.

2. Memberikan dukungan emosional

Seperti yang telah dijelaskan, interaksi dengan hewan peliharaan bisa menciptakan ikatan emosional yang serupa seperti hubungan sosial dengan manusia. 

Membangun ikatan emosional dengan kucing peliharaan bisa membuat Anda merasa lebih aman dan bahagia.

Tinjauan dalam jurnal Applied Developmental Science (2020) menyebutkan kucing menjadi bagian dari keluarga yang tak bisa dipisahkan.

Studi ini juga menyatakan bahwa hewan peliharaan bisa memberikan kedekatan emosional yang lebih intens daripada hubungan dengan anggota keluarga lainnya.

BACA JUGA:Memilih Kucing untuk Diadopsi Tak Boleh Sembarangan, Ini Dia Faktor yang Harus Cat Lovers Perhatikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: