Bahaya Hairball untuk Kucing, Gejala Ringan Bisa Berakibat Fatal

Bahaya Hairball untuk Kucing, Gejala Ringan Bisa Berakibat Fatal

ilustrasi--

Bahaya Hairball untuk Kucing, Gejala Ringan Bisa Berakibat Fatal

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Kucing adalah makhluk yang menggemaskan dengan bulu lembut dan sikap yang penuh kasih sayang. Namun, di balik pesona mereka, ada masalah umum yang sering dihadapi oleh kucing peliharaan, yaitu hairball atau bola bulu.

Hairball adalah gumpalan bulu yang terbentuk di dalam perut kucing akibat menjilat dan menjaga kebersihan bulu mereka.

Meskipun terlihat sepele, hairball dapat memiliki dampak serius pada kesehatan kucing hingga berakibat fatal. Untuk dapat lebih jelasnya, yuk simak artikel ini lebih lanjut.

BACA JUGA:3 Berstatus Siaga 47 Normal, Salah Satunya Ada di Provinsi Bengkulu, Ini Tingkat Aktivitas Gunung Api

BACA JUGA:Masih Nekat Meninggalkan Kucing Sendirian Dirumah, Tak Hanya Stres yang Akan Mereka Alami Loh!

Apa Itu Hairball?

Hairball, atau yang dikenal juga dengan istilah "trichobezoar," adalah gumpalan bulu yang terbentuk di dalam saluran pencernaan kucing. Gumpalan ini biasanya terdiri dari bulu yang kucing telan saat menjilat dirinya sendiri. Saat menjilati bulu, kucing tidak hanya membersihkan diri mereka tetapi juga menelan bulu-bulu tersebut. Sebagian besar bulu yang tertelan akan melewati saluran pencernaan tanpa masalah, tetapi beberapa bisa menumpuk dan membentuk bola bulu di dalam perut.

Bahayakah Hairball untuk Kucing?

Hairball pada umumnya tidak berbahaya jika kucing dapat mengeluarkannya melalui muntahan atau tinja. Namun, dalam beberapa kasus, hairball dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Berikut beberapa potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh hairball pada kucing antara lain :

1. Obstruksi Saluran Pencernaan

Bola bulu yang besar dapat menyumbat saluran pencernaan kucing. Hal ini dapat menghambat pergerakan makanan dan menyebabkan masalah pencernaan. Jika tidak diatasi dengan cepat, obstruksi saluran pencernaan dapat menjadi kondisi yang mengancam jiwa.

BACA JUGA:Budayakan Anti Pungli, Kepala Puskesmas se-Bengkulu Tengah Diundang Tim Saber Pungli

BACA JUGA:Viral di Medsos, Pertandingan Voli di Bengkulu Tengah Berujung Baku Hantam, Belasan Warga Sempat Terlibat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: