Ternyata Ini Makna dan Filosofi di Balik Keindahan Motif Batik Khas Nusantara, Adakah Daerahmu?

Ternyata Ini Makna dan Filosofi di Balik Keindahan Motif Batik Khas Nusantara, Adakah Daerahmu?

Ilustrasi--

Meski jarang didengar, Pring Sedapur merupakan motif batik yang terkenal unik dan indah. Pasalnya, motif batik khas Jawa Timur ini memadukan corak pohon bambu, dengan unsur-unsur alam. Menjadikan tanaman bambu sebagai objek utama, batik motif Pring Sedapur melambangkan persatuan dan kekuatan. Dengan kata lain, motif batik ini mengajarkan manusia untuk hidup bersama dan rukun satu sama lain.

Motif Kaligrafi Arab 

Satu lagi motif batik yang menjadi ciri khas dan kebanggaan masyarakat Provinsi Bengkulu adalah Batik Besurek. Adalah batik tulis tradisional khas Bengkulu termasuk batik pesisir dengan motif dominan kaligrafi  Arab dihiasi parpaduan flora dan fauna yang sarat makna simbolis, melambangkan hubungan manusia dan alam dengan sang pencipta. Besurek (surat) berarti  menulis atau melukis kaligrafi dan relief alam pada bidang kain, yang digunakan untuk kebutuhan sandang dalam tradisi masyarakat Bengkulu

Dikutip dari laman dikbud.bengkuluprov.go.id, batik besurek memiliki tujuh motif dasar yaitu, Kaligrafi Arab, Rembulan dan Kaligrafi Arab warna merah, Kaligrafi Arab – Kembang Melati warna merah kecoklat-coklatan, Kaligrafi Arab – Burung Kuau warna biru, Relung Paku (Pohon Hayat) – Burung Kuau – Kaligrafi Arab, Kaligrafi Arab – Kembang Cengkeh – Kembang Cempaka, Kaligrafi Arab – Relung Paku – Burung Punai. 

Seiring dengan perkembangan penggunaan kain besurek dan perkembangan nilai ekonomi kain besurek maka motif kain besurek juga mengalami perkembangaan dengan dikenalnya motif kreasi baru sesuai dengan pangsa pasar seperti motif bunga Rafflesia Arnoldi serta unsur lainnya tanpa meninggalkan motif Kaligrafi Arab.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: