Pisahkan dengan Kucing Lain, Ini Cara Merawat Kucing Persia yang Sedang Hamil

Pisahkan dengan Kucing Lain, Ini Cara Merawat Kucing Persia yang Sedang Hamil

Ilustrasi--

Pisahkan dengan Kucing Lain, Ini Cara Merawat Kucing Persia yang Sedang Hamil

RAKYAT BENTENG.COM - Jika Anda memiliki kucing Persia Betina yang sedang hamil, Anda disarankan melakukan perawatan khusus agar induk kucing dan anaknya sama-sama sehat hingga selesai proses melahirkan. 

Pada dasarnya, perawatan kucing persia yang hamil bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, Anda perlu menjaga kehamilan kucing, karena kucing persia rentan mengalami keguguran ataupun kecacatan.

1. Pastikan Kehamilan Kucing

Sebelum Anda melakukan beragam perawatan untuk kucing persia hamil, ada baiknya Anda memastikan kembali bahwa kucing yang dipelihara benar-benar hamil. Cara termudah untuk mengetahui kehamilan kucing persia adalah dengan melakukan USG kehamilan kucing di dokter hewan.

Jika di sekitar wilayah Anda tidak ada dokter hewan yang bisa melakukan USG kehamilan kucing, Anda bisa mengamati ciri-ciri kucing hamil.  Beberapa ciri kucing hamil mungkin akan terlihat hampir sama dengan manusia. Salah satu yang bisa Anda ketahui adalah mual dan muntah pada kucing hamil.

Selain itu, kucing yang sedang hamil cenderung akan bertingkah lebih manja. Meskipun beberapa kucing hamil akan terlihat menyendiri dan gelisah, Anda tidak perlu cemas karena hal tersebut wajar dialami oleh kucing.

Saat nafsu makan kucing meningkat, Anda pun perlu mengamati perilaku. Karena adanya pertumbuhan janin, kucing akan makan lebih banyak. Kucing juga membutuhkan banyak asupan protein untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

2. Berikan Asupan Nutrisi yang Tepat

Kucing yang sedang hamil membutuhkan banyak makanan yang harus dimakan. Anda bisa menyediakan makanan untuk dimakan jika sewaktu-waktu kucing lapar.

Agar kucing tetap sehat, Anda harus memberikan nutrisi yang tepat untuk kucing hamil. Kucing hamil cenderung lebih membutuhkan asupan protein yang banyak. Selain itu, kucing juga membutuhkan asupan kalsium dan vitamin untuk mendukung perkembangan janin kucing.

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh Scabies, Salah-Salah Kucing Peliharaan Bisa Mati

BACA JUGA:Asal Usul Hingga Perawatan, Ini Perbedaan Kucing Ragdoll dan Kucing Himalaya

Jika Anda tidak menemukan makanan untuk kucing hamil, Anda bisa menambahkan sendiri makanan rumahan kepada kucing. Anda bisa memberikan daging yang sudah masak. Hindari pemberian garam pada saat memasak daging untuk menghindari komplikasi kehamilan pada kucing. Selain itu, Anda juga bisa memberikan susu kucing untuk menambah asupan kalsium pada kucing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: