Jenis Vaksin yang Mesti Diberikan pada Kucing Peliharaanmu dan Manfaatnya

Jenis Vaksin yang Mesti Diberikan pada Kucing Peliharaanmu dan Manfaatnya

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Tidak hanya manusia, hewan pun juga memerlukan yang namanya perawatan kesehatan termasuk kucing. Salah satu bentuk perawatan kesehatan tersebut yaitu memberikan vaksinasi.

Vaksinasi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kualitas hidup kucing peliharaan. Dengan memberikan vaksin yang sesuai pada waktu yang tepat, maka dapat membantu mencegah penyakit-penyakit serius yang akan mengancam kesejahteraan kucing. 

Namun, tak semua pemilik mengetahui jenis vaksin apa yang cocok untuk diberikan kepada kucing kesayangan mereka. Artikel ini akan mengulas berbagai jenis vaksin kucing yang perlu diberikan untuk memastikan perlindungan optimal terhadap penyakit.

Vaksin Kucing Dasar

Vaksin dasar adalah vaksin yang dianjurkan untuk semua kucing, terlepas dari lingkungan dan gaya hidup mereka. Jenis-jenis vaksin kucing dasar meliputi:

1. Vaksin Rhinotracheitis, Calicivirus, dan Panleukopenia (FVRCP)

Vaksin ini melindungi kucing dari penyakit pernapasan dan infeksi yang sangat menular. Rhinotracheitis adalah virus yang menyebabkan gejala seperti bersin, batuk, dan mata berair. Calicivirus menyebabkan gejala seperti sariawan dan ulserasi di mulut. Panleukopenia, atau disebut juga "kucing distemper," menyebabkan diare parah dan muntah.

BACA JUGA:Berniat Memelihara Kucing Bengal? Simak Dulu Karakteristik dan Perawatannya Berikut

BACA JUGA:Jangan Sembarangan, Ini Makanan Manusia yang Boleh Dikonsumsi Kucing

2. Vaksin Rabies

Vaksin ini wajib di beberapa wilayah, karena rabies adalah penyakit yang dapat menular kepada manusia. Vaksin rabies melindungi kucing dari paparan virus rabies.

Vaksin Tambahan

Selain vaksin dasar, ada beberapa vaksin tambahan yang mungkin diberikan sesuai dengan faktor risiko dan lingkungan kucing:

1. Vaksin Feline Leukemia (FeLV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: