WAJIB TAHU! Golongan Manusia yang Bakal Terbebas dari Azab Kubur, Siapa Sajakah

WAJIB TAHU! Golongan Manusia yang Bakal Terbebas dari Azab Kubur, Siapa Sajakah

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Alam barzah atau alam kubur merupakan sebuah fase kehidupan yang pasti akan dilalui setiap manusia. 

Barzah sendiri secara bahasa artinya sekat. Sedangkan menurut syariat, barzakh atau barzah berarti sebuah tempat yang berada di antara maut dan kebangkitan atau juga batas pemisah antara kehidupan dunia dan akhirat.

Dalam Surah Ar Rum ayat 56 yang menyebutkan, alam barzakh menjadi tempat singgah manusia hingga hari kebangkitan. Allah SWT berfirman,

Artinya: Dan orang-orang yang diberi ilmu dan keimanan berkata (kepada orang-orang kafir), "Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari kebangkitan. Maka inilah hari kebangkitan itu, tetapi (dahulu) kamu tidak meyakini(nya)."

Menurut sebuah hadits yang berasal dari Aisyah RA, siksa kubur ini terjadi pada orang kafir dan munafik. Aisyah RA menceritakan bahwa seorang wanita Yahudi datang kepadanya lalu menuturkan tentang siksa kubur. Kemudian, wanita Yahudi itu berkata, "Semoga Allah melindungimu dari siksa kubur."

Aisyah RA lalu menanyakan hal itu kepada Rasulullah SAW. Beliau menjawab, "Ya, siksa kubur itu adalah benar adanya. Orang-orang kafir dan munafik akan disiksa dalam kubur mereka dengan siksaan yang dapat didengar oleh binatang."

Aisyah RA kemudian bertutur, "Sejak saat itu, tidaklah saya melihat Rasulullah mengerjakan salat, melainkan beliau pasti berdoa memohon perlindungan kepada Allah dari siksa kubur." (HR Bukhari, Muslim, dan an-Nasa'i)

Isham bin Muhammad Asy-Syarif mengatakan dalam Al Jami' Ash-Shahih min Ahadits An-Nisaa', hadits tersebut menjelaskan bahwa kehidupan di alam kubur dengan segala kenikmatan dan siksanya adalah benar adanya. Ini merupakan prinsip yang dipegang oleh ahlus sunnah wal jamaah.

Merujuk buku Agar Selamat dari Azab Kubur karya Satria Nova, berikut golongan orang yang terbebas dari siksa kubur,

BACA JUGA:Peristiwa Penting di Bulan Muharram, Umat Islam Wajib Tahu!

1. Orang yang Mati Syahid

Orang yang mati syahid diibaratkan telah mencapai kemuliaan tertinggi bagi seorang muslim dalam kematiannya. Selain selamat di alam kubur, orang yang mati syahid juga akan mendapatkan jaminan surga.

Namun, hal itu memiliki syarat, yakni ia tidak memiliki utang. Jasad orang yang mati syahid akan terjaga, sebab Allah SWT memerintahkan bumi untuk tidak menghancurkannya. Dalam sebuah hadits dikatakan,

Artinya: "Dari Jabir bin Abdullah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "Ketika orang yang hafal Al-Qur'an meninggal maka Allah memberikan wahyu kepada bumi agar tidak memakan jasadnya, kemudian bumi berkata: "Wahai Tuhanku, bagaimana aku bisa memakan jasadnya sementara kalam-Mu ada di dalamnya." (HR Dailami)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: