Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Raji'un, Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Mencapai 60 Orang, Ini Daftar Namanya

Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Raji'un, Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Mencapai 60 Orang, Ini Daftar Namanya

dok__jpnn.com--

RAKYAT BENTENG.COM - Berita duka datang dari Tanah Suci. Hingga Rabu, 14 Juni 2023 penyelenggaraan ibadah disway.id/listtag/908/haji">haji jumlah jemaah disway.id/listtag/908/haji">haji yang wafat atau meninggal dunia mencapai 60 orang. Hal ini berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi disway.id/listtag/908/haji">haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag). 

Adapun rata-rata penyebab kematian terbanyak jemaah haji memiliki riwayat penyakit jantung.

"Penyebab kematian terbanyak memiliki riwayat penyakit jantung," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Budi Sylvana dikutip dari situs resmi, Rabu 14 Juni 2023.

"Yang meninggal lebih banyak pria walau jemaah lebih banyak wanita," ujarnya. 

Budi menjelaskan lebih lanjut, setidaknya terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kondisi kesehatan jemaah haji. Faktor pertama adalah adanya ancaman suhu dan kelembaban di Arab Saudi.

BACA JUGA:Total Sudah 18 Pekerja Pabrik Karet Ini Di-PHK

BACA JUGA:Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Menurut Sayyidina Ali bin Abi Thalib

"Faktor kedua, kerentanan kesehatan jemaah haji. Ia menyebut, jemaah haji Indonesia didominasi oleh jemaah haji risiko tinggi karena faktor usia dan penyakit," ujarnya. 

Selain itu, kata Budi, sejumlah jemaah yang memiliki penyakit sempat kambuh lantaran dipicu oleh kelelahan dan kondisi fisik yang menurun dikarenakan aktivitas yang berlebihan.

"Faktor ketiga adalah kapasitas tenaga kesehatan yang terbatas. Namun ia memastikan pemerintah telah berupaya melakukan upaya antisipasi dan respons petugas kesehatan terhadap permasalahan kesehatan jemaah di Arab Saudi," imbuhnya sebagaimana dilansir dari disway.id.(tim)

Berikut daftar jemaah haji yang wafat di Tanah Suci berdasarkan data Siskohat Kemenag:

1. MUHAMMAD YUSUF DADEH 

2. MARZUKI HUSEN HANAFIAH 

3. RAZALI IBRAHIM 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: