Keutamaan Salat Ini Sangat Luar Biasa, Salah Satunya Kunci Masuk Surga

Keutamaan Salat Ini Sangat Luar Biasa, Salah Satunya Kunci Masuk Surga

Ilustrasi__dok--

RAKYAT BENTENG.COM - Salat sunnah yang satu ini keutamaannya sangatlah luar biasa. Salat Tahajud, adalah salat yang dikerjakan di malam hari setelah seseorang bangun dari tidur. Ibadah ini termasuk sunnah mu’akad, yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’. 

Waktu paling mustajab untuk menunaikan salat tahajud sendiri adalah sepertiga malam. Dimana para malaikat turun ke bumi dan Allah SWT akan mengabulkan setiap doa hamba-Nya. 

Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu (RA), Nabi Muhammad shallallahualaihi wa sallam (SAW) bersabda:

"Allah Subhanahu wa Taala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan lainnya).

Berikut keutamaan salat tahajud melansir dari laman resmi baznas, baznas.go.id

1. Salat Sunnah Paling Utama

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau salat lail merupakan salat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Salat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasai)

2. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

3. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli salat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada salat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: