BREAKING NEWS: Kaca Mobil Dipecah Orang Tak Dikenal, Tas Ajudan Pj Bupati Bengkulu Tengah Raib, Isinya

BREAKING NEWS: Kaca Mobil Dipecah Orang Tak Dikenal, Tas Ajudan Pj Bupati Bengkulu Tengah Raib, Isinya

Ilustrasi--

RAKYATBENTENG.COM – Aksi tindak kriminal pecah kaca mobil terjadi di kawasan Desa Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah pada Jumat, 2 Juni 2023. Korbannya, Lucky seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga bertugas sebagai ajudan Pj Bupati Bengkulu Tengah, Dr. Heriyandi Roni, M.Si. Kaca mobil jenis Toyota Fortuner yang dikendarainya dipecah oleh Orang Tak Dikenal (OTD) saat sedang menunaikan Salat Jumat. Akibat kejadian ini, tas miliknya yang berada di dalam mobil raib digasak maling. Kejadian dilaporkan  ke kepolisian setempat.

‘’Ya benar, tas saya saja yang hilang. Isinya Ipad. Kaca yang di rusak bagian tengah. Saya sedang salat saat itu. Mobil itu mobil pribadi,’’ pungkas Lucky.

Sementara itu diketahui jika aksi pecah kaca mobil ini salah satu yang tren tindak kriminal saat ini. Pelaku memecahkan mobil milik sasarannya saat dalam situasi aman. Melalui sela pecahan kaca mobil, pelaku bisa mengambil barang-barang berharga milik korban. Bisa berbentuk tas, uang, dompet, handphone dan lainnya. Sehingga perlu ditingkatkan kewaspadaan jika harus meninggal mobil dalam keadaan berisikan barang berharga.

Berikut Lima Tips Agar Terhindar Dari Sasaran Maling Pecah Kaca Mobil

1. Parkirkan mobil di tempat yang aman

Ketika parkir di tempat umum, alangkah baiknya agar mobil diparkirkan di tempat yang cukup ramai serta mudah Anda pantau. Hindari memarkirkan mobil di tempat yang jauh dari keramaian atau tempat yang sepi, apalagi saat malam hari, Anda perlu menghindari tempat parkir yang gelap.

2. Hindari menutup kaca secara penuh ketika mobil diparkirkan

Ini perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan seperti pencurian yang tidak diharapkan. Seperti halnya, saat melakukan parkir di siang hari, kaca mobil Anda perlu dibuka paling tidak sekitar 1 cm, sebagai jalur sirkulasi udara.

Dengan melakukan hal ini, para pelaku pencurian pun akan cukup kesulitan dalam memecahkan kaca mobil Anda dengan pecahan busi.

3. Cobalah memasang alarm mobil

Penting kiranya untuk memasang alat pengaman seperti sensor tambahan, alarm ganda, maupun electric cut-off. Ini memang perlu dilakukan agar mobil yang belum disematkan fitur Immobilizer bisa mencegah mobil Anda dibawa kabur oleh para pelaku kejahatan.

4. Gunakan kaca film

Mencegah aksi pencurian dengan memecahkan kaca mobil yakni dengan memasang kaca film. Seperti yang Anda ketahui, sebanyak 60% bagian dari mobil merupakan kaca mobil.

Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda pemilik mobil untuk memilih kaca film yang cukup sulit terlihat dari luar, serta tidak mengganggu visibilitasnya.

5. Simpanlah barang-barang Anda di tempat yang aman

Sebaiknya simpanlah barang berharga di tempat aman yang tertutup di dalam mobil. Manfaatkan saja kompartemen tertutup seperti halnya laci atau bagasi, glove box, atau bisa juga memanfaatkan tray penutup pada bagasi bagi Anda pemilik mobil Sport Utility Vehicle (SUV) atau hatchback.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: