Bacakan Dongeng untuk Anak dengan Buku dari Big Bad Wolf, Baik Bagi Si Kecil!

Bacakan Dongeng untuk Anak dengan Buku dari Big Bad Wolf, Baik Bagi Si Kecil!

Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/photo-of-mother-and-child-reading-book-3890481/ --

Banyak ide aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan orang tua dengan anak. Salah satunya adalah membacakan dongeng anak. Tidak hanya sebatas momen kebersamaannya yang berharga, membacakan dongeng juga memberikan banyak manfaat pada perkembangan anak.

Dongeng adalah cerita khayalan yang dibuat untuk tujuan menghibur. Ada banyak pilihan dongeng, mulai dari dongeng tradisional asli Indonesia hingga dongeng dari luar negeri. Ayah atau ibu bisa membacakan dongeng untuk anak kapan saja, misalnya menjelang tidur malam, saat bersantai atau di akhir pekan.

Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

Membacakan dongeng untuk anak memang tergolong aktivitas sederhana dan mudah dilakukan. Namun hal simpel itu terbukti menghasilkan banyak manfaat pada anak. Inilah manfaat membacakan dongeng anak secara rutin.

  1. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Ketika anak diam dan mendengarkan saat orang tua membacakan dongeng, ia sedang belajar untuk fokus dan konsentrasi. Kemampuan mendengar dan konsentrasi yang baik merupakan bekal penting dalam perkembangan anak. Pasalnya dengan kemampuan itu, anak akan lebih mampu memahami informasi secara mendalam.

2.      Mengajarkan Kosakata Baru

Saat mendengarkan orang tua membacakan dongeng, anak belajar banyak kosakata baru. Manfaat ini terbukti bisa meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara karena menguasai kosakata yang kaya. Jadi membacakan dongeng bisa menjadi cara untuk merangsang kemampuan berbicara atau mencegah masalah telat bicara.

3.      Mempelajari Berbagai Emosi

Kisah dalam dongeng menampilkan berbagai karakter. Anak bisa belajar berbagai emosi dari karakter tersebut. Maka dari itu, orang tua harus memiliki kemampuan membaca dongeng yang bagus. Tidak hanya sekedar membaca, orang tua perlu memberikan penekanan agar anak memahami emosi setiap karakter.

  1. Melatih Ingatan

Rutin membacakan dongeng merupakan salah satu upaya untuk membentuk anak dengan ingatan yang kuat. Karena dengan mendengar secara intens dan konsisten, anak mampu mengingat apa yang dia dengar. Pada tingkat kemampuan yang lebih tinggi, anak akan mampu menceritakan kembali.

5.      Mempererat Ikatan Orang Tua dan Anak

Membacakan dongeng sebelum tidur tidak hanya bertujuan agar anak segera terlelap. Aktivitas tersebut bisa menjadikan ikatan antara anak dan orang tua semakin erat. Aktivitas itu juga sebagai bukti bahwa orang tua mampu hadir dalam setiap momen perkembangan anak. Kehadiran orang tua menjadikan anak merasa aman dan tenang.

 

  1. Memperoleh Nilai Kebaikan

Orang tua yang rajin membacakan dongeng untuk anak sebenarnya juga sedang menanamkan nilai kebaikan. Anak bisa mengambil nilai kebaikan dari setiap dongeng yang didengarkan. Tentu itu harus dengan pendampingan orang tua agar anak bisa membedakan sisi baik dan buruknya.

  1. Menumbuhkan Minat Baca

Jika ingin punya anak yang gemar membaca, orang tua bisa mulai membiasakannya sedini mungkin. Karena di usianya anak belum mampu membaca sendiri, maka tugas orang tua untuk membacakan dongeng. Jika sudah terbiasa dengan aktivitas mendengarkan dongeng, minat baca anak akan tumbuh seiring dengan rasa penasarannya akan apa yang dibacakan.

Itulah manfaat membacakan dongeng anak yang terbukti bagus untuk tumbuh kembang anak dan memaksimalkan kemampuannya. Orang tua bisa memilihkan dongeng terbaik untuk anak. Salah satunya adalah dongeng Big Bad Wolf yang bisa didapatkan melalui official store di Blibli.

Dengan kemudahan berbelanja di Blibli, orang tua tidak perlu bingung lagi memilih buku dongeng untuk anak-anak. Segera dapatkan big bad wolf di Blibli dengan penawaran menarik, mulai dari harga promo, cashback hingga layanan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Nikmati kenyamanan berbelanja di Blibli dengan jaminan barang asli dan pengiriman aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: