Bengkulu Tengah Diguncang Gempa Magnitudo 4,5, Jangan Panik! Simak Tips Menghadapi Gempa

Bengkulu Tengah Diguncang Gempa Magnitudo 4,5, Jangan Panik! Simak Tips Menghadapi Gempa

dok__bmkg--

RAKYAT BENTENG.COM - Pagi ini, Minggu 22 Januari 2023 masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), khususnya yang bermukim di pesisir Kecamatan Pondok Kelapa dikejutkan dengan gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5. Meski kekuatannya di bawah magnitudo 5 namun guncangannya sempat membuat kaget dan panik.

Dilansir dari laman BMKG, gempa terjadi pada pukul 07:44:40 WIB, berlokasi di 4.17 LS - 101.87 BT (77 Km Barat Daya Bengkulu Tengah) dengan kedalaman 54 Km. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Benteng, Andri Edo Saputra, S.Sos membenarkan telah terjadinya gempa dengan titik pusat di wilayah Benteng. Saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya dampak yang ditimbulkan pasca gempa. 

Meski demikian Andri mengimbau kepada masyarakat tidak panik namun tetap waspada. 

"Benar telah terjadi gempa. Titiknya di Bengkulu Tengah pagi ini (Minggu, red). Malam tadi gempa juga di Seluma. Kami imbau warga untuk waspada tapi jangan panik," ungkap Andri. 

Masih dilansir dari BMKG, masyarakat wajib tahu apa yang harus dilakukan sebelum, saat dan sesudah gempa. 

Sebelum Terjadi Gempa

A. Kunci Utama adalah

Mengenali apa yang disebut gempa. Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa (longsor, liquefaction dll);

Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempa.

B. Kenali Lingkungan Tempat Anda Bekerja

Perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempa, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung;

Belajar melakukan P3K;

Belajar menggunakan alat pemadam kebakaran;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: