Tips Kehabisan Saldo e-Toll Saat di Gardu Tol, Jangan Buru-Buru Panik!

Tips Kehabisan Saldo e-Toll Saat di Gardu Tol, Jangan Buru-Buru Panik!

dok__jpnn.com--

RAKYAT BENTENG.COM - Perhatian bagi para pengguna jalan tol, terutama tol Bengkulu-Taba Penanjung yang baru-baru ini resmi berbayar setelah sebelumnya gratis. Jika anda mengalami situasi kehabisan saldo e-Toll sementara anda sudah tiba di gardu tol jangan buru-buru panik. 

Segera saja lakukan langkah-langkah berikut, seperti dilansir dari jambiekspres.co.id dengan judul "Sudah di Gardu Tetiba Saldo e-Toll Habis, Jangan Panik Apalagi Sibuk Noleh-noleh ke Belakang, Lakukan saja ini" https://jambiekspres.disway.id/read/656332/sudah-di-gardu-tetiba-saldo-e-toll-habis-jangan-panik-apalagi-sibuk-noleh-noleh-ke-belakang-lakukan-saja-ini#.Y7oygjIkv7g.whatsapp

Pertama, langsung tekan tombol bantuan yang biasanya ada di gardu tempat pembayaran. Biasanya tombol ini tidak terlalu jauh dengan tombol cetak struk. 

Tekan saja tombol itu karena nanti petugas akan datang membantu, Ingat, jangan panik. Jika ingin aman jangan terlalu tampakkan wajah anda ke pengendara lain di belakang karena itu hanya akan membuat anda semakin bersalah ketika melihat ekspresi pengendara jalan tol yg ikut antrian di belakang menunggu.  

Kedua, saat petugas jalan tol datang langsung minta bantuan petugas, jelaskan permasalahan yang sedang anda hadapi, bahwa saldo e-toll tidak mencukupi. Ikuti saja arahannya, jangan pula anda jutek atau marah karena di sini anda lah yang salah. 

Biasanya akan terjadi beberapa kemungkinan, bisa saja kartu anda akan diisi ulang secara langsung oleh petugas atau bisa juga anda  diminta membayar secara tunai dan diarahkan untuk mengisi di rest area terdekat.

Ketiga, coba lakukan Top up saldo e-Toll dengan aplikasi mobile banking di ponsel anda. Sesuaikan dengan  bank provider pada e-Toll yang digunakan.

Keempat, jika saldo e-toll kurang, anda bisa pula mengisi di rest area terdekat atau di gerai minimarket yang tersedia di sana. 

Apabila saldo e-toll tidak cukup di gerbang tol sistem transaksi tertutup, jangan pula anda ganti kartu yang berbeda dari saat masuk dan keluar karena itu bisa dianggap menerobos dan dikenakan denda sebesar 2x tarif terjauh di ruas yang sama.

Terakhir, pastikan betul sebelum melakukan perjalanan, jadikan sebuah kebiasaan, melakukan pengecekan saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal sampai dengan tujuan menggunakan aplikasi BPJT Info Tol yang dapat diunduh di smartphone. 

Seperti kita ketahui, transaksi di gardu dilakukan secara non tunai. Anda juga harus update atau bisa juga minta bantuan keluarga yang paham terkait hal ini sebelum bepergian menggunakan tol.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: