Ini Dia Daftar Bahan Kosmetik Sebaiknya Dihindari untuk Kesehatan

Selasa 08-10-2024,17:29 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

5. Polyethylene

Polyethylene sering ditemukan pada deterjen, kosmetik, pembersih wajah, dan pasta gigi. Manik-manik plastik kecil pada scrub wajah terbuat dari bahan yang diketahui dapat menyebabkan iritasi kulit dan tidak boleh digunakan pada kulit yang rusak. 

Selain itu, butiran pembersih sintetik tersebut sulit disaring melalui sistem pembuangan limbah sehingga menjadi polutan dan berbahaya jika tidak sengaja dikonsumsi oleh hewan air.

Efek samping lain dapat memengaruhi sistem pernapasan, sistem kekebalan, sistem kerangka, dan sistem otot. Polyethylene juga dapat menyebabkan iritasi kulit ringan, berpotensi karsinogen, menyebabkan radang sendi, sakit tenggorokan, dan dapat menyebabkan asma.

BACA JUGA:Baru Diluncurkan, Ini Spesifikasi Lengkap Smartphone Samsung Galaxy S24 FE

BACA JUGA:Pabrikan Sepeda Motor Listrik Dalam Negeri Hadirkan Polytron Fox 500, Simak Spesifikasinya

6. Retinyl Palmitate, Retinyl Acetate, Asam Retinoat, dan Retinol

Banyak juga kandungan berbahaya dalam perawatan kulit yang patut Anda ketahui. Salah satunya yang mengandung bahan retinyl palmitate, retinyl acetate, retinoic acid dan retinol. Bahan-bahan tersebut sering ditemukan pada pelembab, produk bibir, tabir surya, dan produk antipenuaan.

Tanpa disadari, bahan ini dapat bersifat karsinogenik jika terkena sinar matahari. Studi pada tikus percobaan menunjukkan bahwa zat ini dapat mempercepat pertumbuhan kanker kulit. Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa hal itu meningkatkan risiko kanker kulit pada pria.

7. Petroleum Distillates

Apakah Anda yakin maskara yang Anda gunakan sehari-hari aman.? Faktanya, kandungan sulingan minyak bumi pada maskara mempunyai dampak negatif bagi kesehatan. Bahan ini dapat menyebabkan dermatitis kontak dan menyebabkan kanker.

BACA JUGA:DAK Fisik Bengkulu Tengah Tahun 2025 Capai Rp78 Miliar

BACA JUGA:Bakal Mengaspal di Indonesia, Intip Bocoran Spesifikasi Hyundai Santa Fe Hybrid Terbaru

Penelitian lain menunjukkan bahwa bahan ini dapat menyebabkan kerusakan pernafasan, kerusakan paru-paru, dan masalah jantung. Jangan menghirupnya karena dapat membuat Anda muntah dan beracun bagi paru-paru Anda. FYI, zat ini juga sering ditemukan pada bahan bakar mobil, minyak pemanas.

8. Pewangi

Banyak orang memilih produk perawatan tubuh berdasarkan aromanya. Namun kenyataannya, hal ini tidak disarankan. Anda harus memastikan tidak ada pewangi yang ditambahkan ke produk. 

Kategori :