Susah Tidur Lagi Setelah Terbangun di Malam Hari? Coba Tips Ampuh Ini!

Senin 30-09-2024,10:57 WIB
Reporter : Mezi Adriansa
Editor : Nanang Setiawan

RAKYATBENTENG.COM - Terbangun di tengah malam dan kesulitan untuk kembali tidur adalah masalah umum yang dialami banyak orang. 

Ketika ini terjadi, kualitas tidur terganggu dan menyebabkan tubuh merasa lelah di pagi hari. 

Agar tidak terus-menerus mengalami hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membantu tubuh kembali terlelap dengan cepat.

BACA JUGA:BKPSDM Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Pasca Sanggah Pengadaan CPNS Pemkab Bengkulu Tengah

BACA JUGA:SELAMAT, Sat Lantas Polres Bengkulu Tengah Raih Penghargaan Ini dari Polda Bengkulu

1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Ketika terbangun di tengah malam, sering kali kita merasa cemas karena khawatir tidak bisa tidur lagi. Ini justru membuat tubuh lebih terjaga. Sebaiknya, tetap tenang dan hindari memikirkan bahwa kamu harus segera tertidur. Alihkan perhatianmu pada hal-hal yang menenangkan.

2. Cobalah Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Salah satu metode yang populer adalah teknik 4-7-8. Tarik napas selama 4 detik, tahan selama 7 detik, dan hembuskan perlahan selama 8 detik. Ulangi beberapa kali hingga kamu merasa lebih tenang.

BACA JUGA:Perum DAMRI Buka Loker BUMN Posisi Staf IT Security dan Staf IT Developer, Simak Kualifikasinya

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Alfamart 27-29 September 2024, Spesial Gajian Untung Minyak Goreng Mulai Rp34 Ribuan

3. Hindari Melihat Jam

Melihat jam saat terbangun hanya akan meningkatkan kecemasan, terutama jika kamu menyadari sudah banyak waktu berlalu namun kamu belum bisa tidur lagi. Hindari kebiasaan ini dengan tidak meletakkan jam di dekat tempat tidur, atau setidaknya jangan melihatnya saat terbangun di malam hari.

4. Jauhkan Diri dari Gadget

Cahaya biru dari gadget seperti ponsel atau tablet dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Jika terbangun di malam hari, hindari godaan untuk membuka ponsel atau memeriksa media sosial. Biarkan mata tetap beristirahat dengan menghindari layar.

Kategori :