Tangan Sering Kesemutan? Kenali Penyebab dan Penanganannya, Dijamin Ampuh!

Rabu 25-09-2024,14:26 WIB
Reporter : Mezi Adriansa
Editor : Nanang Setiawan

Sindrom Carpal Tunnel terjadi ketika saraf median di pergelangan tangan tertekan. Biasanya, kondisi ini dialami oleh orang yang sering menggunakan tangan untuk pekerjaan berulang, seperti mengetik atau mengangkat beban berat.

3. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gangguan pada saraf yang berujung pada sensasi kesemutan di tangan maupun kaki.

4. Diabetes

Penderita diabetes sering mengalami neuropati, atau kerusakan saraf akibat kadar gula darah yang tinggi. Salah satu gejala neuropati adalah kesemutan yang terus-menerus pada tangan dan kaki.

BACA JUGA:Bergaya Retro Royal Enfield Classic 500, Berikut Spesifikasi dan Harganya

BACA JUGA:BREAKING NEWS: 2 Hektare Lahan Kebun Sawit Ludes Terbakar

5. Penyakit Saraf

Kondisi kesehatan seperti multiple sclerosis atau stroke juga dapat menyebabkan kesemutan. Jika kesemutan terjadi bersamaan dengan gejala lain seperti kelemahan otot atau kesulitan berbicara, segera hubungi tenaga medis.

Cara Ampuh Mengatasi Tangan Kesemutan

1. Ubah Postur

Jika kesemutan disebabkan oleh postur yang salah, coba untuk mengubah posisi tidur atau duduk. Pastikan tangan Anda tidak tertindih atau dalam posisi yang tertekuk terlalu lama.

2. Pijat Ringan

Pijat lembut area yang mengalami kesemutan dapat membantu melancarkan aliran darah dan melepaskan tekanan pada saraf. Lakukan pijatan dengan gerakan memutar untuk mengurangi sensasi tidak nyaman.

BACA JUGA:HEBOH! Buaya Sepanjang 2,5 Meter Tersangkut Jaring Nelayan Pondok Kelapa, Ini Penampakannya

BACA JUGA:Kantor Bupati Bengkulu Tengah Didemo, Massa Tuntut Pj Bupati Terbitkan Edaran dan Turunkan Tim untuk Usut

Kategori :