Kantor Bupati Bengkulu Tengah Didemo, Massa Tuntut Pj Bupati Terbitkan Edaran dan Turunkan Tim untuk Usut

Senin 23-09-2024,12:16 WIB
Reporter : Azwin Pratama
Editor : Nanang Setiawan

Kantor Bupati Bengkulu Tengah Didemo, Massa Tuntut Pj Bupati Terbitkan Edaran dan Turunkan Tim untuk Usut

RAKYATBENTENG.COM - Puluhan massa terdiri dari perwakilan masyarakat serta aktivis LSM pagi ini, Senin 23 September 2024 turun ke jalan menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Bengkulu Tengah. Dikoordinatori pentolan LSM Pekat Bengkulu, Ishak Burmansyah, massa awalnya berkumpul di tanah kosong tak jauh dari rumah dinas bupati di Desa Ujung Karang, Kecamatan Karang Tinggi. 

Dari situ massa berjalan kaki menuju kantor bupati dengan membawa atribut demo berupa bendera merah putih serta karton yang bertuliskan tuntutan. 

Dengan pengawalan ketat petugas Kepolisian, massa menyampaikan orasinya secara bergantian di depan kantor bupati. 

"Aksi kami hari ini (Senin, red) terlaksana berawal dari putusan DKPP terhadap KPU Kabupaten Bengkulu Tengah yang mana komisioner KPU terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu dan diberi sanksi peringatan sampai peringatan keras. Semenjak putusan dibacakan sampai kami melakukan demo di KPU provinsi tanggal 10 September lalu penindakan itu belum dilaksanakan. Maka kami anggap putusan DKPP itu sudah mandul. Dan oleh karena itu kepercayaan kami terhadap penyelenggara Pilkada sangat rendah sekali," urai Ishak Burmansyah.

"Makanya hari ini kami datang ke sini (kantor bupati, red) untuk Pj Bupati bersikap. Bagaimana kita menghadapi pilkada sementara KPU ini dalam kondisi yang bermasalah," tambah Ishak kepada wartawan.

BACA JUGA:Ini Dia Nomor Urut Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Bengkulu Tengah

BACA JUGA:Momen Haru Pj Bupati Heri Roni Melepas Rachmat Riyanto sebagai Sekda Bengkulu Tengah

Adapun item tuntutan para peserta demo sebagaimana rilis yang diterima wartawan terdiri dari: 

1. Meminta kepada Pj Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah yang saat ini sedang menjabat untuk mengeluarkan Surat Edaran atau Imbauan untuk seluruh ASN, pejabat di lingkungan Pemda, para Kepala Desa serta perangkat desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah agar tidak terlibat pada politik praktis dan untuk tidak mendukung salah satu calon bupati. 

Dan jika ditemukan pelanggaran tersebut kiranya Pj Bupati segera menindak oknum tersebut sesuai dengan wewenangnya dan aturan berlaku.

2. Meminta Pj Bupati menurunkan tim untuk menyelidiki adanya dugaan asosiasi kepala desa serta kepala desa- kepala desa yang telah heboh mendukung salah satu calon Gubernur Bengkulu baru baru ini serta agar dapat melakukan penindakan terhadap oknum-oknum kepala desa yang terlibat dalam politik praktis tersebut dan jangan diam saja.

3. Agar Pj Bupati menurunkan tim untuk menyelidiki adanya dugaan salah seorang oknum guru/Kepala SMP di Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah mendukung salah satu calon Bupati dan calon Wakil Bupati serta menindak oknum tersebut sesuai dengan kewenangannya.

4. Agar Pj Bupati mengawasi terkait pembagian bantuan sosial yang dibagikan kepada masyarakat agar tidak dipergunakan oleh oknum guna dijadikan bahan untuk mendukung salah satu paslon.

Kategori :