Telkomsel Akan Menggunakan Teknologi WiFi 7? Simak Penjelasannya

Minggu 23-06-2024,17:32 WIB
Reporter : Nur Miessuary
Editor : Nanang Setiawan

Telkomsel Akan Menggunakan Teknologi WiFi 7? Simak Penjelasannya

RAKYATBENTENG.COM - Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi Wireless Fidelity (WiFi) 7. Hal itu diperkuat dengan penyelesaian sertifikasi WiFi 7 di Indonesia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Oleh karena itu, Telkomsel ingin meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman digital yang lebih baik kepada pelanggan. 

Selain itu, seiring dengan kemajuan dunia digital saat ini, kebutuhan konsumen dan produk gaya hidup pun semakin meningkat. WiFi 7 telah menjadi standar WiFi terbaru dengan kecepatan data maksimum sekitar 5,8 Gbps, 2,4 kali lebih cepat dibandingkan WiFi 6/6E. Jadi apa yang dimaksud dengan WiFi 7? Simak detailnya dibawah ini ya.

BACA JUGA:Ini Dia Fitur-fitur Terbaru dari Pembaharuan iOS 18 yang Akan Rilis Tahun 2024

BACA JUGA:Ini Dia Beberapa Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Dijadikan Taksi Online

Apa WiFi 7

WiFi 7 pertama kali diumumkan oleh WiFi Alliance pada Januari 2024 di Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, AS. Keberadaan WiFi 7 berarti perusahaan elektronik, perangkat keras, dan perangkat lunak dapat mulai menentukan standar nirkabel baru menggunakan protokol resmi yang disebut 802.11be.

WiFi 7 sendiri dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineer (IEEE) untuk menggantikan WiFi 6 dan WiFi 6E (2020) yang dirilis pada tahun 2019. 

Dikutip dari Wired, WiFi generasi ketujuh (WiFi 7) menawarkan peningkatan WiFi yang signifikan dari pada WiFi 6 dan 6E, apalagi dengan kecepatan hingga 4x lebih cepat. 

Wi-Fi 7 juga menyertakan teknologi pintar yang mengurangi latensi, meningkatkan kapasitas, dan meningkatkan keandalan dan efisiensi jaringan. 

BACA JUGA:Infinix Luncurkan HP Gaming Terbaru, Harga Terjangkau Rp4 Jutaan

BACA JUGA:Smartphone Terbaru! Vivo S19 Hadir dengan Performa Tangguh, Kamera Jernih, dan Baterai Besar

WiFi 7 dikenal sebagai IEEE 802.11be, WiFi 6 adalah IEEE 802.11ax, dan WiFi 5 adalah IEEE 802.11ac. Seperti versi sebelumnya, Wi-Fi 7 masih kompatibel dengan perangkat lama. Namun, untuk menikmati fitur terkini dan performa terbaik, sebaiknya perbarui perangkat Anda, termasuk router, titik akses, ponsel cerdas, laptop, dan TV.

Apa Saja Keunggulan WiFi 7.?

Kategori :