BUMDes di Bengkulu Tengah Belum Optimal, Pj Sekda Ingatkan Tanggung Jawab Kades

BUMDes di Bengkulu Tengah Belum Optimal, Pj Sekda Ingatkan Tanggung Jawab Kades

--

BUMDes di Bengkulu Tengah Belum Optimal, Pj Sekda Ingatkan Tanggung Jawab Kades

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) masih menghadapi berbagai tantangan dan belum mencapai hasil yang diharapkan. Beberapa desa hanya memiliki BUMDes secara formal, tetapi tidak menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang signifikan.

Data menunjukkan meskipun ada usaha pengadaan modal, kinerja dalam memaksimalkan perputaran modal masih jauh dari optimal. Pj Sekda Bengkulu Tengah yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bengkulu Tengah, Drs. Hendri Donal, S.H, menekankan pentingnya para direktur BUMDes untuk segera melaksanakan rencana kegiatan yang telah disusun.

BACA JUGA:Forum Pemuda Peduli Lingkungan Nilai Rachmat-Tarmizi Paling Layak Jadi Bupati-Wakil Bupati Bengkulu Tengah

"Segera laksanakan kegiatan sesuai rencana. Ini wajib, karena sudah ada penyertaan modal dari desa. Kami ingin laporan yang jelas di akhir tahun anggaran 2024," tegas Hendri.

Ia juga menambahkan bahwa kepala desa harus bertanggung jawab penuh atas anggaran yang telah dikeluarkan. "Laporan mengenai hasil dari BUMDes harus segera diselesaikan. Jika meremehkan tanggung jawab ini, siap-siap menghadapi audit," ujarnya.

"Dikarenakan PADes di Benteng masih rendah, sangat penting agar BUMDes dikelola dengan baik. Jika ada dana pengadaan modal yang tidak dipertanggungjawabkan, ini berpotensi menimbulkan temuan audit," tambah Hendri.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: