Mesin Mobil Diesel Terdengar Bising, Tips Ini Bisa Diikuti untuk Menghilangkannya

Mesin Mobil Diesel Terdengar Bising, Tips Ini Bisa Diikuti untuk Menghilangkannya

Mobil berbahan bakar solar lebih bertenaga dibandingkan mobil berbahan bakar bensin --ilustrasi--

RAKYATBENTENG.COM - Mobil berbahan bakar solar lebih bertenaga dibandingkan mobil berbahan bakar bensin, terutama saat melewati medan yang sangat menantang seperti pendakian. 

Namun mobil ini mengeluarkan suara bising saat mesin dihidupkan, semakin keras karena berbagai alasan. Jika tidak dirawat, mesin akan cepat rusak. Namun, ada banyak cara untuk mengurangi kebisingan mesin Anda. Berikut beberapa di antaranya.

1. Tune up

Secara default, mesin diesel telah menyaring suara. Namun, masih banyak hal lain yang membuat mesin ini terdengar lebih nyaring dan bertenaga. Salah satunya karena mesin mobil diesel sangat berdebu. Hal ini dapat dilakukan melalui perbaikan mobil. 

Auto tuning adalah identifikasi atau perbaikan seluruh bagian mobil Anda sehingga dapat meningkatkan performa mesin mobil Anda. 

Untuk itu pastikan Anda sudah melakukan penyesuaian seluruh komponen terutama bagian resirkulasi gas atau Exhaust Gas Recirculation (EGR).

2. Memasang Peredam Suara

Penyebab mesin mobil mengeluarkan suara bising adalah karena pelat bodi di beberapa bagian terlalu tipis untuk menghalangi kebisingan. Suara keras atau keras yang masuk ke dalam housing mesin diesel bisa berasal dari sambungan body plate atau lubang-lubang kabel yang menyambung ke housing. 

Namun suara tersebut dapat dihilangkan dengan memasang alat kedap suara di berbagai area kendaraan. Pelindung biasanya dipasang pada lantai mobil, kap mesin, dan pintu mobil. Dalam hal ini, Anda juga bisa menggunakan lapisan anti karat.

3. Flushing AC mobil

Mencuci AC mobil dapat menjadi solusi untuk mengurangi kebisingan mesin diesel mobil yang disebabkan oleh motor AC mobil. Tujuan dari pembersihan ini adalah untuk membersihkan seluruh sistem AC mobil dari debu dan partikel yang menempel pada kompresor dan seluruh selang AC. 

Hal ini harus dilakukan secara rutin dan penggantian oli kompresor untuk mengurangi kebisingan. Selain itu, untuk menghindari masalah seperti itu, disarankan untuk tetap menjaga mobil Anda tetap berjalan dan mengganti suku cadang jika terjadi kerusakan.

Demikianlah tips menghilangkan bising pada mobil mesin diesel. Semoga artikel ini bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: