Baca Buku Sering Terasa Membosankan? Berikut Tips Agar Membaca Terasa Menyenangkan

Baca Buku Sering Terasa Membosankan? Berikut Tips Agar Membaca Terasa Menyenangkan

ilustrasi--

Baca Buku Sering Terasa Membosankan? Berikut Tips Agar Membaca Terasa Menyenangkan

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Buku apa yang terakhir kamu baca kapan Anda membaca buku itu? Hanya sedikit dari kita yang sudah lama tidak membaca buku. 

Tentu saja dengan alasan yang berbeda-beda. Alasan-alasan ini akan menjadi hambatan bagi Anda untuk membaca. Salah satunya adalah membaca itu membosankan dan mata cepat lelah. 

Apakah alasan-alasan ini juga berlaku bagi Anda? Seperti yang sudah Anda ketahui, ada beberapa tips agar aktivitas membaca Anda tidak cepat membosankan. 

Mungkin Anda mudah bosan saat membaca karena tidak menerapkan tips berikut ini!

1.      Tetapkan tujuan membaca

Untuk melakukan sesuatu dan tetap termotivasi, Anda harus terlebih dahulu menetapkan tujuan. Hal yang sama terjadi saat membaca. Tujuan membaca adalah apa yang ingin diperoleh dari buku yang ingin dibaca. 

BACA JUGA:7 Cara Cegah Mesin Overheat Saat Terjebak Kemacetan, Terlebih Saat Arus Balik Lebaran

BACA JUGA:Pernah Mencoba Sensasi Mengonsumsi Kelapa Bakar? Ternyata Ini Bedanya dengan Diminum Secara Langsung

Menetapkan tujuan sangat membantu otak Anda menemukan informasi yang dibutuhkan. Biasanya, ketika Anda membaca buku teks, Anda sampai di sana. Sekalipun tujuan membaca hanya untuk mengisi waktu luang dan bersenang-senang, hal ini tidak menjadi masalah. Artinya, Anda bisa memutuskan jenis buku apa yang akan dibaca, mana yang fiksi.

2.      Membaca dengan posisi yang benar

Di mana posisi Anda dalam membaca sejauh ini? Seperti yang Anda ketahui, posisi membaca itu penting karena mempengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membaca. 

Postur tubuh yang buruk dapat membuat mata cepat lelah atau membuat Anda mudah tertidur. Seperti berbaring Hindari membaca sambil berbaring. Karena Anda tertidur secara fisik, fisiologis dan psikologis. Itu sebabnya Anda mudah tertidur ketika sedang berbaring dan membaca buku. 

Berbaring juga membuat Anda merasa buku yang dipegang tidak penting. Postur tubuh yang benar saat membaca adalah duduk tegak dan rileks. Buatlah diri Anda senyaman mungkin saat membaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: