Bukti Kesucian Bulan Ramadhan, Rahmat yang Melimpah Jadi Aspek Utamanya

Bukti Kesucian Bulan Ramadhan, Rahmat yang Melimpah Jadi Aspek Utamanya

Ilustrasi--

Bukti Kesucian Bulan Ramadhan, Rahmat yang Melimpah Jadi Aspek Utamanya

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Bulan Ramadan adalah bulan istimewa yang paling dinanti-nanti oleh seluru umat Muslim di dunia.

Ini adalah bulan di mana umat Islam berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari, serta memperbanyak ibadah dan amal kebajikan.

Namun, apa yang membuat Ramadan begitu istimewa dan berbeda dari bulan lainnya? Rahmat yang melimpah dari Allah SWT adalah salah satu aspek utama yang membuktikan kesuciannya.

BACA JUGA:Asyik! Pemerintah Beri Diskon Tarif Tol Selama Mudik Lebaran Idulfitri 2024

BACA JUGA:Penampakan Sepeda Motor Terbakar Hebat di Jalinbar Bengkulu Tengah Usai Diduga Serempet Sepeda

Keutamaan Bulan Ramadan dalam Islam Bulan Ramadan merupakan bulan yang dipenuhi dengan berkah dan rahmat Allah SWT. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman:

"Bulan Ramadan yang di dalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah: 185)
Ayat ini menjelaskan bahwa Ramadan adalah bulan di mana Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Ini adalah bulan di mana pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.
Dengan demikian, bulan Ramadan merupakan waktu yang sangat diberkahi bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Penyelenggara Pemilu Tingkat TPS Desa Taba Renah Bengkulu Tengah Ngotot Pertahankan Hasil Penghitungan Awal

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pj Bupati Bengkulu Tengah Heri Roni Terima Formasi CPNS 2024 dari Menpan RB, Cek di Sini

Rahmat yang Melimpah dalam Bulan Ramadan
Rahmat Allah SWT yang melimpah dalam bulan Ramadan tercermin dalam berbagai aspek ibadah yang dilakukan umat Islam selama bulan suci ini. Beberapa di antaranya adalah:

1. Puasa: Puasa adalah ibadah utama dalam bulan Ramadan. Dengan menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas yang diharamkan dari terbit fajar hingga terbenam matahari, umat Islam membersihkan jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Shalat Tarawih: Shalat Tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah shalat Isya' pada bulan Ramadan. Melalui shalat Tarawih, umat Islam memperbanyak ibadah shalat dan meraih pahala yang melimpah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: