Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadan 2024 dan Keutamaan Sahur

Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadan 2024 dan Keutamaan Sahur

--

Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadan 2024 dan Keutamaan Sahur

RAKYATBENTENG.COM - Makan sahur merupakan salah satu sunnah yang mengiringi puasa di bulan Ramadan. Setiap muslim yang berpuasa, hendaknya mengetahui dan membaca niat sahur sebelum menyantap hidangan.

Makan sahur ini penting selain sebagai suplai tenaga untuk beraktivitas dan beribadah di siang harinya hingga tiba waktu berbuka, makan sahur juga mengandung keberkahan seperti yang diajarkan Rasulullah.

Dalam sebuah hadits, dinyatakan yang artinya: dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

"Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur" (HR Ahmad).

Dilansir dari NU Online, anjuran makan sahur begitu kuat. Oleh karena itu, kesempatan makan di waktu sahur sedapat mungkin tidak dilewatkan.

Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan sahur meski hanya dengan seteguk air mengingat keberkahan Allah SWT yang luar biasa saat itu. 

Dalam hadits lain dijelaskan: Dari Abdullah bin Umar ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: "Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air" (HR Ibnu Hibban).

Bacaan niat sahur dilafalkan sebelum menjalani puasa Ramadan.

BACA JUGA:Ternyata Arti Takjil Bukan Makanan untuk Buka Puasa, Yuk Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Kades di Bengkulu Tengah Berencana Kembalikan Tornas yang Baru Diserahkan Pemkab Agustus 2023, Ini Alasannya

Sahur termasuk bagian yang tak terpisahkan dari ibadah puasa. Terdapat keutamaan dari waktu sahur. Salah satunya adalah momen terbaik dikabulkannya doa.

Disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda,

Artinya: "Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman: "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni." (HR Bukhari dan Muslim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: