Jangan Disepelekan, Perilaku yang Sering Dilakukan Ini Mengundang Penyakit

Jangan Disepelekan, Perilaku yang Sering Dilakukan Ini Mengundang Penyakit

Ilustrasi--

Jangan Disepelekan, Perilaku yang Sering Dilakukan Ini Mengundang Penyakit

RAKYAT BENTENG.COM - Memiliki tubuh yang sehat jadi dambaan setiap orang. Namun tahukah kamu bahwa penyakit datang karena perilaku kita sendiri. 

Perilaku hidup yang tidak sehat berperan dalam perkembangan penyakit kronis, termasuk menjadi penyebab diabetes, penyakit jantung, stroke, penyakit paru obstruktif kronis, dan bahkan kanker.

Dikutip dari laman hellosehat.com, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kronis menyebabkan 41 juta kematian tiap tahunnya. Ini setara dengan 71% total kematian di seluruh dunia.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mulai memperhatikan beberapa kebiasaan sehari-hari mulai dari sekarang. 

1. Terlalu banyak nonton TV atau main HP

Terlalu sering menonton TV atau main handphone menyimpan pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Perilaku ini terkait dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru.

Selain itu, sering melakukan kebiasaan ini tanpa diimbangi aktivitas fisik bisa menurunkan kemampuan kognitif otak.

2. Menunda waktu makan

Jangan pernah berpikir bahwa menunda waktu makan akan menurunkan berat badan Anda. Justru dengan Anda sering telat makan malah akan meningkatkan nafsu makan pada waktu setelahnya. 

Hal ini bisa membuat Anda makan lebih banyak dan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

Kebiasaan ini juga buruk bagi kesehatan karena akan melambatkan metabolisme yang membuat tubuh Anda terasa lemas. Selain itu, menunda makan juga bisa menyebabkan asam lambung naik.

3. Makan saat tidak lapar

Memakan cemilan atau melampiaskan diri dari rasa stres dengan makan terlalu sering mungkin akan menyebabkan kelebihan kalori bagi tubuh Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: