Resmi Ditutup Hari Ini 4 Oktober 2023, Berikut Perjalanan Singkat TikTok Shop

Resmi Ditutup Hari Ini 4 Oktober 2023, Berikut Perjalanan Singkat TikTok Shop

Ilustrasi--

Resmi Ditutup Hari Ini 4 Oktober 2023, Berikut Perjalanan Singkat TikTok Shop

RAKYAT BENTENG.COM - Platform media sosial berbagi video TikTok telah resmi memutuskan tidak lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam aplikasi TikTok. Ketetapan itu berlaku mulai hari Rabu 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. Pemberitahuan tersebut telah disebarkan TikTok kepada seluruh penjual atau seller di TikTok Shop melalui email. 

TikTok menyebut prioritas perusahaan adalah tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam hal ini Permendag 31 Tahun 2023 sebagai penyempurnaan Permendag 50 Tahun 2020 pada 26 September lalu. 

Peraturan tersebut mengatur terkait perizinan berusaha, periklanan, pembinaan, dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik. Nahwa media sosial dilarang berperan ganda sebagai e-commerce. Media sosial hanya bisa mempromosikan barang atau produk layaknya iklan di televisi, tanpa melakukan transaksi di dalam aplikasi.

BACA JUGA:Bye-Bye! TikTok Shop Resmi Tutup Hari Ini 4 Oktober 2023

BACA JUGA:Peluang Lolos Besar! 5 Instansi Ini Sepi Peminat, Ada yang Cuma 2 Pelamar

BACA JUGA:Promo HUT Mandiri Shopee Flash Sale, Harga Spesial Serba Rp25 Ribu dengan Mandiri Kartu Kredit dan Debit

Kilas Balik TikTok Shop 

Dirangkum dari berbagai sumber, TikTok Shop diluncurkan pada tahun 2021 sebagai fitur tambahan aplikasi TikTok. Fitur ini diklaim sebagai sebuah social commerce inovatif yang dapat menjangkau para produsen, penjual, pembeli, dan kreator dengan pengalaman berbeda.

Fitur ini diciptakan TikTok sebagai wadah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk menjual barangnya secara langsung (live). Mengusung konsep seluruh kegiatan transaksi dilakukan di dalam satu aplikasi. Mulai dari pengenalan produk, pemilihan produk, proses transaksi, komunikasi dengan penjual, pengiriman dan penilaian produk dilakukan langsung. 

Dalam peluncuran perdananya, TikTok menggandeng artis Nagita Slavina untuk mengadakan program live shopping di Toko Mama Gigi secara live di TikTok. Saat itu Nagita menampilkan berbagai produk dan mereviewnya mulai dari masker, perlengkapan kecantikan hingga alat-alat elektronik dengan berbagai promo menarik dan berhasil menjangkau jutaan penonton.

Peningkatan popularitas terjadi pada tahun 2022. Dimana dalam keterangan The TikTok Shop Playbook disebut nilai GMV TikTok menyentuh angka Rp68 triliun. Angka pengguna aktif bulanan TikTok turut melonjak hingga mencapai 1,6 miliar per 31 Desember 2022. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 400 juta pengguna dibandingkan tahun sebelumnya.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: