Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak di Rumah Berikut Manfaatnya

Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak di Rumah Berikut Manfaatnya

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Memiliki hewan peliharaan bukan saja keinginan orang dewasa namun juga anak-anak. Selain bisa sebagai teman mereka, terdapat beberapa manfaat buat si buah hati dengan mereka memiliki hewan peliharaan.

Manfaat dimaksud adalah sangat baik untuk perkembangan psikologis dan kedewasaan anak. Kegiatan ini dapat mengajarkan rasatanggung jawab, kasih sayang, dan kepedulian.

Manfaat punya hewan peliharaan untuk anak berikutnya adalah ia akan terbentuk menjadi pribadi yang lembut, berempati dan penuh kasih sayang.

Dengan terlibat langsung dalam mengurus peliharaannya, anak akan menyadari bahwa hewan peliharaan sama seperti manusia yaitu membutuhkan makanan, tempat tinggal, olahraga, dan cinta.

Manfaat berikutnya, tingkat aktivitas fisik anak dengan hewan peliharaan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang enggak memiliki hewan peliharaan. Ketika si kecil memiliki hewan peliharaan, umumnya mereka akan lebih banyak bergerak untuk mengajak hewannya bermain.

Lantas hewan apa sajakah yang direkomendasikan untuk dipelihara anak di rumah? simak penjelasan berikut dirangkum dari halodoc.com

Melihat Kesiapan

Tidak hanya mengenalkan anak kepada berbagai jenis hewan yang ada di luar sana, tapi sebagai orang tua juga perlu mengajarinya cara yang baik memperlakukan hewan peliharaan serta memberitahunya apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap hewan. Bila anak sudah mengerti akan hal ini dan terlihat dari sikapnya yang baik terhadap hewan di sekelilingnya, itu berarti ia sudah siap.

Pilih Jenis Hewan Sesuai Usia

Pada dasarnya, rata-rata hewan peliharaan bersifat jinak dan tidak berbahaya. Tapi, ketika memilih hewan peliharaan, sebaiknya tetap memikirkan keamanan dan kesehatan anak. Jangan sampai memelihara hewan peliharaan malah membawa dampak buruk bagi Si Kecil. Kuncinya adalah pilihlah jenis hewan yang sesuai dengan usia Si Kecil. Berikut panduannya:

Ikan, tepat untuk bayi dan balita. Pilihlah jenis ikan hias air tawar, seperti ikan mas koki atau cupang yang memiliki berbagai macam warna yang bisa menarik perhatian Si Kecil.

Kelinci, tepat untuk anak berusia 1 tahun ke atas. Kelinci jenis apapun tidak masalah, seperti Rex, Lop, English Spot, Herlequin, dan lain-lain. Tapi, sebaiknya pilih kelinci di atas usia 3 bulan, karena pencernaan dan daya tahan tubuhnya sudah sempurna.

Burung, tepat untuk anak usia 2 tahun ke atas. Namun, hindari membiarkan balita memegang burung tanpa diawasi, karena takutnya ia memegang burung peliharaan terlalu kuat sehingga membahayakan burung tersebut. Contoh jenis burung yang bisa dipelihara: kakak tua, kutilang, dan kenari.

Guinea pig, tepat untuk anak usia 3 tahun ke atas. Tubuh anak yang sudah semakin besar di usia ini diperkirakan sudah aman bila ibu memberinya hewan yang berukuran sedikit lebih besar, seperti guinea pig. Hewan ini juga biasanya hanya bermain di dalam kandang, sehingga Si Kecil bisa belajar memberinya makan atau sesekali membelainya.

Kucing dan anjing, tepat untuk anak usia 4 tahun ke atas. Ketika anak sudah memasuki usia ini, ibu boleh membiarkannya bebas bermain dan berlari-larian bersama anjing atau Kucing kesayangannya di taman.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: