Kesal Lihat Kucing Peliharaanmu Kencing Sembarangan? Coba Lakukan Cara Ini

Kesal Lihat Kucing Peliharaanmu Kencing Sembarangan? Coba Lakukan Cara Ini

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Kucing adalah hewan peliharaan yang populer di seluruh dunia karena sifat lucu, manja, dan independennya. Namun, ada kalanya pemilik Kucing menghadapi masalah perilaku seperti Kucing yang sering kencing sembarangan. 

Hal ini tentu saja membuat pemiliknya terasa terganggu, bahkan terkadang sampai ada yang memberinya hukuman.

Namun tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan. Sebagai pemilik yang mencintai peliharaannya, penting untuk mengetahui alasan di balik hal perilaku tersebut.

Mari coba kita simak apa saja alasan di balik kucing yang sering buang air kecil sembarangan

Alasan Mengapa Kucing Sering Kencing Sembarangan

1. Masalah Kesehatan 

Salah satu alasan utama mengapa kucing mungkin sering kencing sembarangan adalah karena adanya masalah kesehatan. Infeksi saluran kemih, batu ginjal, diabetes, atau masalah lain pada organ dalam kucing dapat membuatnya merasa tidak nyaman dan merasa perlu untuk buang air kecil di tempat yang tidak seharusnya.

2. Marking Territorial 

Kucing memiliki naluri alami untuk menandai wilayahnya dengan urin. Jika memiliki beberapa kucing di rumah atau ada kucing liar di sekitar area tempat tinggal, kucing tersebut mungkin akan sering kencing sembarangan sebagai cara untuk menandai wilayahnya.

3. Kondisi Lingkungan yang Tidak Sesuai 

Kucing dapat menjadi sensitif terhadap perubahan lingkungan. Perubahan dalam tata letak rumah, perabotan baru, atau kehadiran hewan atau orang baru dapat membuat kucing merasa stres dan merespons dengan perilaku buang air kecil sembarangan.

4. Kotak Pasir Tidak Bersih 

Kucing adalah hewan yang bersih, dan mereka tidak akan menggunakan kotak pasir yang kotor. Jika kotak pasir tidak dijaga kebersihannya, kucing mungkin akan mencari tempat lain untuk buang air kecil.

Cara Mengatasi Masalah Kucing Kencing Sembarangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: