Tak Perlu Biaya Mahal, Cara Alami Ini Terbukti Ampuh Atasi Kutu pada Kucing

Tak Perlu Biaya Mahal, Cara Alami Ini Terbukti Ampuh Atasi Kutu pada Kucing

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Kucing merupakan hewan yang selalu tampil unik dengan tingkah lucunya yang menggemaskan. Hal inilah yang kerap kali menjadikan alasan dari banyak orang menyukai dan ingin memeliharanya.

Namun, sama halnya dengan semua hewan lainnya, kucing juga membutuhkan perawatan. Sebagai hewan yang berbulu, kucing sering kali menghadapi masalah, seperti adanya kutu.

Kutu pada kucing merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum dijumpai pada hewan peliharaan. Kutu bukan hanya mengganggu kenyamanan kucing, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak diatasi dengan benar.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa rekomendasi obat alami yang dapat menghilangkan kutu pada kucing

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat yang dapat mencegah dan menghilangkan kutu pada kucing. Oleskan sedikit minyak kelapa pada kulit kucing, terutama di daerah-daerah yang sering menjadi tempat persembunyian kutu, seperti leher dan belakang telinga. Hindari mengoleskannya terlalu banyak, agar bulu kucing tidak menjadi terlalu berminyak.

2. Cuka Sari Apel

Campurkan cuka sari apel dengan air dalam perbandingan 1:1, lalu semprotkan campuran ini ke seluruh tubuh kucing setelah mandi. Cuka sari apel membantu mengganggu siklus hidup kutu dan membuatnya lebih mudah dilepaskan dari bulu kucing. Pastikan untuk menghindari area mata dan luka pada kucing saat menyemprotkan campuran ini.

3. Herbal Chamomile dan Rosemary

Rebus chamomile kering atau daun rosemary dalam air panas, biarkan larutan tersebut dingin, dan gunakan sebagai bilasan setelah membersihkan kucing. Kedua herbal ini memiliki sifat yang dapat mengusir kutu dan memberikan aroma segar pada bulu kucing.

4. Serbuk Neem

Serbuk neem, yang berasal dari tanaman neem, memiliki sifat antiparasit alami. Taburkan sedikit serbuk neem pada bulu kucing, lalu sikat lembut untuk meratakan. Ini dapat membantu mengusir kutu dan mencegah infeksi lebih lanjut.

5. Garam

Garam merupakan bahan yang mudah ditemukan dan dapat membantu mengeringkan kutu. Taburkan sedikit garam pada bulu kucing dan pijat lembut. Setelah beberapa waktu, sikat bulu kucing dengan lembut untuk menghilangkan garam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: