Kucing Peliharaan Anda Suka Memijat? Ternyata Ini Alasannya

Kucing Peliharaan Anda Suka Memijat? Ternyata Ini Alasannya

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Salah satu perilaku unik sebagian kucing dan seringkali dimanfaatkan oleh majikannya adalah melakukan gerakan memijat. Sebenarnya gerakan memijat yang dilakukan bukan seperti dalam anggapan cat lovers bahwa itu merupakan salah satu keahlian spesial kucing yang tidak dimiliki hewan lain. Padahal kucing juga melakukan gerakan memijat pada selimut, boneka binatang, atau benda lunak lainnya. Dan bisa jadi kucing suka memijat karena gerakan ini memberikan sensasi kenyamanan padanya. 

Gerakan memijat kucing ternyata ada yang melatarbelakanginya. Apa saja, berikut informasi yang dihimpun dari berbagai sumber

1 . Mengenang masa kecil.

Merupakan sifat naluriah seekor kucing. Dimana bayi-bayi kucing yang baru lahir memijat perut induk mereka saat mereka berbaring rapat untuk menyusu, dan gerakan tersebut dianggap sebagai rangsangan untuk melancarkan aliran air susu.

Kucing yang dipisahkan dari induknya sejak masih tahap belum disapih akan lebih sering melakukan pijatan daripada kucing yang disapih saat sudah besar. Karena belum puas, perilaku tersebut terbawa sampai mereka dewasa.

2. Insting alami membuat sarang.

BACA JUGA:Begini Cara Merawat Bulu Kucing agar Tidak Mudah Rontok

BACA JUGA:Ras Tertua di Dunia, Ini Dia Fakta Kucing British Shorthair Selengkapnya

Kucing zaman dahulu akan menata rerumputan atau daun-daun kering untuk tidur di alam liar. Setelah melalui beberapa dekade, perilaku tersebut berlangsung dan menjadi satu bagian alami pada insting seekor kucing saat dia akan menyiapkan tidur siangnya yang nyaman.

3. Penanda teritorial

Kucing memiliki kelenjar bau yang terdapat pada bagian telapak nya yang lunak. Saat mereka memijat, aroma unik tersebut dilepaskan pada permukaan yang sedang mereka pijat, dan akan berfungsi sebagai penanda teritorial atau wilayah kekuasaan mereka bagi kucing lain yang akan datang. Jadi, ketika kucing memijat kita itu artinya dia sedang menandai badan kita sebagai miliknya.

4.  Tanda masa birahi

Beberapa kucing betina akan memijat lebih sering tepat saat mereka memasuki masa birahi, sebagai tanda bagi pejantan bahwa mereka bersedia dan sudah mampu untuk kawin. 

5. Tanda kucing menyayangi pemiliknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: