Ingat! Jangan Berikan Makanan Ini pada Kucing Peliharaan Jika Tidak Ingin

Ingat! Jangan Berikan Makanan Ini pada Kucing Peliharaan Jika Tidak Ingin

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Sebagai makhluk hidup kucing juga membutuhkan asupan nutrisi yang tepat bagi tubuhnya agar sehat, selalu lincah dan berumur panjang. Meski saat ini cukup mudah memperoleh makanan khusus kucing di petshop ataupun gerai waralaba namun kamu harus menyesuaikan jenis makanan yang akan dibeli dengan usia dan jenis kucingmu. 

Bagaimana jika stok makanannya sedang habis dan keuangan sedang menipis di ujung bulan? Biasanya kita akan memberikan makanan yang juga kita makan di rumah ke kucing sebagai bentuk perhatian. 

Agar kucing bisa tetap mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang dari makanannya, maka kucing harus diberikan makanan yang tepat dan menghindari makanan yang bisa membahayakan kesehatannya. Apa sajakah jenis makanan yang direkomendasikan tidak diberikan kepada kucing, berikut rangkumannya dari berbagai sumber 

1. Susu, Keju, dan Produk Olahannya

Kebanyakan kucing tidak toleransi terhadap laktosa. Itu artinya susu sapi dan produk olahannya, seperti keju atau krim dapat memicu gangguan kesehatan pada kucing peliharaan. Kandungan susu sapi dapat memicu gangguan pencernaan dan menimbulkan sejumlah masalah umum, seperti muntah dan diare.

Lantas, bagaimana dengan anak kucing yang tidak memiliki induk? Kamu bisa tetap memberikannya susu, tapi susu formula khusus anak kucing. Susu khusus ini dapat memberikan nutrisi penting untuk pertumbuhannya dan tidak memicu gangguan pencernaan.

2. Cokelat

Cokelat menjadi pantangan makanan hewan peliharaan, terutama kucing. Camilan berbahan dasar kakao ini mengandung 2 bahan beracun bagi kucing, yaitu teobromin dan kafein. Jika tidak sengaja tertelan, maka akan muncul sejumlah gangguan kesehatan, seperti:

Muntah, Diare, Peningkatan suhu tubuh, Peningkatan detak jantung, Kejang-kejang. Dalam kasus yang parah, paparan teobromin dan kafein yang tinggi pada kucing dapat memicu gagal jantung, kelemahan, atau koma.

3. Telur, Daging atau Ikan Mentah

Pantangan makanan hewan peliharaan selanjutnya adalah telur, daging, atau ikan mentah. Bahan-bahan mentah ini beresiko tercemar bakteri E. coli dan Salmonella yang dapat menyebabkan diare, muntah, dan lemas pada kucing. Dalam kasus yang parah, paparan patogen tersebut dapat berakibat fatal bagi kucing.

Putih telur mentah mengandung protein yang disebut avidin. Jika dikonsumsi oleh kucing, avidin dapat mengganggu penyerapan biotin vitamin B. Hal tersebut berpotensi menyebabkan warna kulit dan bulu menjadi kusam. Jadi, pastikan untuk memberi makan kucing dengan makanan matang saja.

4. Makanan Anjing

Makanan anjing menjadi pantangan makanan hewan peliharaan selanjutnya. Jika dirawat berbarengan, kucing bisa saja mencicipi makanan anjing. Bukan hal yang membahayakan jika hanya sesekali dicicipi. Namun, jika kucing terus-menerus memakan makanan anjing, ia bisa saja mengalami kekurangan gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: