Musium Dunia Ini Juga Menyimpan Benda Bersejarah RI, Simak Ada Dimana Saja Lokasinya

Musium Dunia Ini Juga Menyimpan Benda Bersejarah RI, Simak Ada Dimana Saja Lokasinya

Gamelan : salah satu alat tradisional Indonesia yang disimpan di Musium Dunia--

RAKYATBENTENG,COM - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam budaya dan sejarah. Menilik dari kisahnya Indonesia pernah dijajah sebelum meraih kemerdekaan.

Tak hayal, terdapat benda berharga milik indonesia ditaruh di berbagai musium dunia. Berikut ini beberapa musium yang menyimpan benda bersejarah indonesia.

1. Metropolitan Museum of Art, AS

Metropolitan Museum of Art di Amerika Serikat diketahui menyimpan banyak benda kebudayaan Indonesia di era Kerajaan Majapahit.
Mulai dari patung, mahkota emas, piring kuno emas, hingga pedati. Benda-benda tersebut menjadi saksi sejarah yang menggambarkan kemakmuran Kerajaan Majapahit pada masanya.

2. Tropen Museum, Belanda

Tropen Museum atau museum antropologi di Kota Amsterdam memiliki ribuan koleksi benda-benda bersejarah yang berasal dari Indonesia.
Terdapat sekitar 5.500 buah alat musik tradisional khas Indonesia dan benda-benda kesenian tradisional seperti wayang dan topeng, dengan jumlah sekitar 21.000 buah artefak tekstil khas Indonesia.

3. Museum of Crystal, Rusia

Museum of Crystal yang terletak di Kota Gus Khustalny, Rusia juga menyimpan banyak koleksi benda-benda yang berasal dari peradaban suku-suku di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan juga Papua.
Terdapat sekitar 300 benda asli Indonesia yang dipamerkan di museum ini. Mulai dari keris, teknik kaligrafi, pakaian daerah, hingga peta.

4. Museum Fur Volkerkunde, Jerman

Museum Fur Volkerkunde juga memiliki peninggalan sejarah Indonesia. Yakni, Keris Kyai Omyang, senjata milik Pangeran Diponegoro.
Lantaran memiliki nilai spiritual, benda ini menjadi satu dari sekian koleksi berharga dari museum tersebut. Tak hanya itu, ada juga koleksi berupa alat musik tradisional Indonesia, seperti gamelan Jawa.


5. Museum Nasional Denmark

Tak hanya Belanda, Museum Nasional Denmark atau National Museet juga banyak menyimpan sejarah milik Nusantara namun lebih ke etnografi peradaban Aceh.
Benda-benda berupa barang-barang antik, bendera kerajaan yang diperkirakan eksis sejak 1850 hingga 1900, dan benda-benda lainnya yang menggambarkan Aceh pada masa lampau.


Itulah beberapa museum dunia yang menyimpan benda sejarah RI yang tak banyak orang tahu. Semoga menambah wawasan Anda. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: