Resmikan Tol Bengkulu, Presiden Jokowi Mengelap Sendiri Prasasti yang Basah

Resmikan Tol Bengkulu, Presiden Jokowi Mengelap Sendiri Prasasti yang Basah

tangkapan layar video --

RAKYAT BENTENG.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan agenda kerjanya meresmikan jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung sehabis dari meninjau SMKN 2 Bengkulu Tengah (Benteng), Desa Sri Kuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa, Benteng. Kendati sempat diguyur hujan tak lantas menganggu agenda Presiden yang sudah terjadwal. 

Terekam dalam video yang ditayangkan akun Youtube resmi Sekretariat Presiden, pemandangan menarik sesaat sebelum Presiden menandatangani prasasti. Dimana ia tak sungkan mengelap prasasti yang basah oleh hujan dengan kain lap. 

BACA JUGA:Penurunan Angka Stunting di Provinsi Bengkulu Bikin Presiden Jokowi

Tepat berdiri di samping Presiden, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah sempat mencoba membantu mengeringkan prasasti namun Presiden memilih mengelapnya sendiri.

Dalam sambutannya, Presiden didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Mensesneg, Pratikno berharap dengan adanya tol yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Taba Penanjung, Benteng akan semakin mempercepat pertumbuhan ekonomi. Mempercepat mobilitas orang dan barang, dan diharapkan akan mensejahterakan masyarakat. Karena, kata Presiden, daya saing Bengkulu akan meningkat lebih baik. 

BACA JUGA:Kemeja Putih yang Dikenakan Presiden Ternyata Produksi SMKN

"Total panjang yang telah selesai adalah 16,7 KM, menghabiskan anggaran Rp4,8 Triliun. Ini merupakan bagian dari ruas Bengkulu ke Lubuklinggau," papar Presiden. 

Secara detailnya, dilansir dari laman HKi, jalan tol Taba Penanjung–Bengkulu memiliki main road yang merupakan bagian dari Tol Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu yang total panjangnya mencapai 96 km. Seksi tol Taba Penanjung–Bengkulu ini mulai dibangun pada September 2019 lalu. 

Dibangun oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI). Anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara PT Hutama Karya (Persero) (HK), jalan tol ini memiliki 2 gerbang tol, 2 simpang susun/junction, 21 jembatan. Adapun kecepatan pada jalan tol ini adalah 80 km/jam.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: