Bumil Wajib Tahu, 7 Manfaat Membaca Surat Maryam, Salah Satunya Dilancarkan

Bumil Wajib Tahu, 7 Manfaat Membaca Surat Maryam, Salah Satunya Dilancarkan

dok__jpnn.com--

RAKYAT BENTENG.COM - 114 surat dalam kitab suci Al-Qur'an masing-masing memiliki manfaat yang apabila dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim. Namun di antara surat-surat tersebut, terdapat surat ke-19, yaitu surat Maryam, yang kerap dibaca ibu hamil karena dipercaya memiliki berbagai manfaat dan keutamaan untuk wanita yang sedang mengandung.

Terdiri atas 98 ayat, surat ini memaparkan tentang kisah Maryam binti Imran, ibu dari Nabi Isa AS, yang hamil tanpa pernah berhubungan badan dengan laki-laki mana pun, perjuangannya dalam menjalani masa kehamilan tanpa bantuan orang lain, menghadapi cacian dari masyarakat sekitarnya setelah kelahiran putranya, hingga keteguhan imannya yang memberikan banyak pelajaran yang luar biasa. Berikut manfaat membaca Surat Maryam dirangkum dari berbagai sumber; 

1. Mempertebal keimanan

Lewat kisah Maryam yang hamil meskipun tanpa berhubungan dengan laki-laki mana pun, kita bisa memahami bahwa Allah SWT berbuat sesuatu menurut kehendak-Nya, walaupun tidak sesuai dengan hukum alam, Allah Maha berkehendak atas segala sesuatu dan tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya.

Surat ini bisa membuat ibu hamil semakin percaya dan yakin bahwa tidak ada yang tidak mungkin dilakukan, tentunya dengan seizin Allah SWT. Selain itu, kisah ini menjadi sebuah teladan keimanan dan doa sebagai salah satu dari keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil agar ia dan anak yang dikandungnya memiliki keimanan dengan membaca dan meneladani kisah di dalamnya.

2. Doa agar anak menjadi pribadi yang saleh/salehah

Surat Maryam juga mengandung banyak doa ibu hamil untuk anaknya, salah satunya ada di dalam ayat ke-14 agar Si Kecil bisa menjadi anak yang saleh/salihah.

"Dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya dan dia bukan orang yang sombong bukan pula orang yang durhaka." (QS Maryam: 14)

3. Memberikan ketenangan

Kisah Maryam yang ikhlas dan tabah saat harus menghadapi kehamilan seorang diri akan membangun rasa percaya diri pada ibu hamil saat harus menghadapi berbagai momen dalam kehamilan yang tak selalu berjalan lancar. Jika ibu hamil percaya diri, maka otomatis hal ini akan menumbuhkan ketenangan dalam menghadapi kehamilan.

4. Ikhtiar untuk ibu hamil

Sosok Maryam yang kuat akan senantiasa mengingkatkan agar selalu berikhtiar kepada Allah SWT, seperti di dalam ayat 4-5:

"Dia berkata, Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu. Dan sungguh, aku khawatir terhadap kerabat sepeninggalku, padahal istriku seorang yang mandul, maka anugerahi aku seorang anak dari sisi-Mu.(QS Maryam: 4-5)

BACA JUGA:Marak Kasus Nikah Dini, Orang Tua Wajib Tahu Dampaknya terhadap Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: