Masih Bingung Setelah Lulus SMA, 5 Kegiatan Positif yang Coba Dilakukan

Masih Bingung Setelah Lulus SMA, 5 Kegiatan Positif yang Coba Dilakukan

ilustrasi_doc Network--

RAKYAT BENTENG.COM – Selamat bagi para lulusan SMA dan SMK sederajat yang telah menyelesaikan pendidikanya dengan baik. Setelah lulus biasanya para siswa akan disibukkan untuk mengikuti seleksi ke masuk perguruan tinggi. Namun ada beberapa siswa yang memilih untuk tidak melanjutkan kuliah terlebih dahulu.

Berikut ada beberapa kegiatan yang dapat diambil sambil mengisi waktu luang. Apa saja, ini rekomendasinya :

1. Mengikuti Volunteer
Mengikuti Volunteer merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat dicoba. Dengan mengikuti Volunteer, orang tersebut dapat merenungkan tujuan hidupnya. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa profesional yang dapat memberikan kalian arahan mengenai masa depan.

2. Mengeksplor Minat
Setelah lulus SMA adalah waktu yang baik untuk mengeksplor minat dan bakat daripada terburu-buru untuk berkuliah. Mulailah untuk menekuni hobi dan mengembangkan minat kalian pada hal tersebut.

Selain itu juga dapat mengikuti beberapa kursus secara online yang berbayar maupun gratis.

3. Mempelajari Bahasa Asing
Mengisi waktu luang dapat dilakukan dengan kegiatan produktif seperti mempelajari bahasa asing. Dengan mempelajari bahasa asing, kalian memiliki nilai jual yang tinggi dan bagus untuk dimasukkan ke dalam portofolio.

Pelajarilah bahasa-bahasa yang digunakan secara universal seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, serta bahasa-bahasa lain. Mempelajari bahasa asing dapat dilakukan dengan mudah melalui YouTube ataupun mengikuti kursus-kursus baik secara online maupun offline.

4. Mengikuti Proyek Global
Biasanya organisasi internasional yang berfokus pada bidang kedamaian dunia sering membuka proyek global. Dalam mengikuti proyek global ini, biasanya batasan usianya dimulai dari 16 tahun.

Proyek global ini juga menawarkan magang jarak pendek di beberapa negara dunia. Kalian nantinya akan mendapatkan pengalaman langsung di berbagai bidang seperti bisnis, pengembangan internasional, jurnalisme, hukum, hak asasi manusia, kedokteran, perawatan kesehatan, keuangan mikro, pekerjaan sosial, kedokteran hewan, dan perawatan hewan.

Dengan mengikuti kegiatan seperti ini, kalian dapat belajar lebih banyak tentang perguruan tinggi dan memiliki gambaran karier sesuai keinginan.

5. Mengikuti Kursus
Belajar tidak harus di universitas. Kalian juga dapat mengembangkan soft skill dengan mengikuti kursus-kursus keahlian. Biasanya setelah lulus dari lembaga kursus tersebut kalian akan mendapatkan sertifikat yang akan berguna untuk melamar pekerjaan.

Beberapa kursus rekomendasi seperti desain grafis, konsultasi pengantin, tata rias, memasak, menjahit, dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan setelah lulus SMA, selamat mencoba !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: