Nasi Kentut, Kuliner Khas Medan yang Kaya Manfaat dan Bikin Ketagihan

Nasi Kentut, Kuliner Khas Medan yang Kaya Manfaat dan Bikin Ketagihan

dok_pesonaindonesia--

RAKYATBENTENG.COM - Sudah pernah mencoba kuliner khas Medan satu ini, nasi kentut? jangan beranggapan negatif dulu dengan namanya. Bukan berarti dinamakan nasi kentut sudah menyantap kuliner ini bikin kentut, atau nasinya beraroma bau kentut atau yang lebih ekstrim lagi, penyajiannya dikentuti terlebih dulu, itu semua anggapan yang keliru. 

Dilansir dari indonesia.go.id https://indonesia.go.id//kategori/pariwisata/1026/nasi-kentut-kekayaan-kuliner-medan-yang-istimewa?lang=1?lang=1

nasi kentut bertekstur lembut, beraroma wangi dan memiliki rasa dijamin membuat ketagihan. Nama kentut sesungguhnya berasal dari bumbu unik yang digunakan, yaitu daun kentut (paederia foetida) atau juga dikenal sebagai daun sembukan. 

Tumbuhan merambat ini dikenal oleh masyarakat Medan memiliki khasiat dapat melancarkan pencernaan, mengatasi perut kembung, bahkan mengobati sakit maag dan sariawan. Karena khasiatnya inilah maka disebut tanaman kentut, sehingga ketika diolah menjadi nasi maka label itu pun ikut melekat.

Selain daun sembukan, nasi ini juga diolah dengan bumbu rempah-rempah lain seperti kunyit.  Kemudian nasi dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan kemudian dikukus atau dipanggang hingga matang. Tidak seperti namanya, penampilan kuliner kebanggaan masyarakat Medan ini sangatlah menggugah selera. Bayangkan nasi pulen hangat yang mengeluarkan aroma wangi daun yang khas. 

Selain itu, yang juga membedakan nasi kentut dengan kuliner lain adalah lauk pendampingnya. Ada beragam pilihan yang dapat menjadi teman nasi kentut. Mulai dari ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, hingga ayam goreng. Dan jangan sampai ketinggalan sambal terasi atau sambal ijo sebagai pelengkap cita rasa kuliner Indonesia ini. Kenikmatan yang lengkap ini membuat makanan dengan nama unik ini digandrungi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Untuk menambah keunikan santapan ini, Anda juga dapat menjadikan daun kentut sebagai lalapan. Selain nikmat, seperti sudah disebut di atas, daun ini memiliki begitu banyak manfaat seperti mengobati segala keluhan yang berhubungan dengan lambung, sebagai obat herbal untuk menyembuhkan cacar ular (Herpes Zooster), juga terbukti meringankan gejala panas dalam seperti sariawan, sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah serta melancarkan peredaran darah.(red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: