Bau Menyengat Dikira Bangkai, Tak Disangka Ternyata Ini Sumbernya

Bau Menyengat Dikira Bangkai, Tak Disangka Ternyata Ini Sumbernya

tangkapan layar video --

RAKYAT BENTENG.COM - Warga Sunda Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa pagi tadi, Minggu, 26 Maret 2023, Jumadi sempat dibuat bingung mencaritahu sumber bau busuk menyengat yang mengusik penciuman keluarganya sejak malam. Setelah memeriksa sekeliling pekarangan rumah, Jumadi akhirnya menemukan sumber bau busuk tersebut. Ternyata berasal dari bunga bangkai yang tumbuh di dekat pohon pisang. 

Bunga yang berukuran tidak terlalu besar itu, berwarna merah gelap diperkirakan baru akan mekar. Melansir dari KSDAE, bau menyengat seperti bau bangkai memang keluar saat bunga mengalami fase generatif atau mekar. 

BACA JUGA:Hasil Seleksi Administrasi Calon Komisioner KPU Bengkulu Tengah Diumumkan, 4 Incumbent Ikut Perebutan Kursi

Bau busuk sendiri berfungsi sebagai pemikat bagi lalat dan kumbang yang akan membantu proses penyerbukan. Apabila selama masa mekarnya terjadi pembuahan, maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga. Dan bunga bangkai kemudian kembali memasuki fase vegetatif. Kedua fase ini terjadi bergantian, berulang dan terus menerus.

"Dari malamnya (Sabtu, red), anak saya saat mau pergi salat tarawih menanyakan bau bangkai darimana yah, katanya. Pas sahur tadi, (Minggu, red) mertua yang bertanya kenapa ada bau bangkai. Sebelum saya berangkat kerja akhirnya saya cari sumber bau itu, apa dari bangkai ayam atau bangkai binatang apa, saya kelilingi pekarangan, dari depan, belakang. Ternyata sumbernya dari bunga bangkai di samping rumah," ujar Jumadi. 

BACA JUGA:Menu Bukber di Resto Kampoeng Durian Murah Bingitt, Gak Percaya?

Tumbuhnya bunga bangkai menurut Jumadi bukan kali ini saja. Sebelumnya pernah juga tumbuh bunga yang sama di lokasi berbeda. Dari terhitung mekar, kata Jumadi, bunga akan mati selang seminggu kemudian berdasarkan siklus bunga yang tumbuh sebelumnya.(red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: