Kolam Lele Program Ketahanan Pangan Disapu Banjir, Desa Ini Alami Kerugian

Kolam Lele Program Ketahanan Pangan Disapu Banjir, Desa Ini Alami Kerugian

dok__rakyatbenteng.disway.id--

RAKYAT BENTENG.COM – Tak terbayangkan sebelumnya oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Taba Lagan, Kecamatan Semidang Lagan, Bengkulu Tengah (Benteng) turut terkena dampak dari banjir. Kolam budidaya ikan lele yang merupakan program ketahanan pangan desa disapu oleh banjir menyebabkan ikan yang semula berada di kolam hanyut. 

Tak tanggung-tanggung, ikan yang hanyut ditaksir sebanyak 800 Kg yang jika dinominalkan kerugiannya mencapai belasan juta rupiah. Pihak desa bersama dengan warga telah berupaya menangkap kembali ikan-ikan yang hanyut namun hasilnya tak seberapa. Mengingat air dari banjir mengalir deras. 

BACA JUGA:Ini Bantuan Gubernur Bengkulu untuk Korban Terdampak Banjir

‘’Kejadiannya sangat cepat, pas sore, saat hujan sedang lebat-lebatnya banjir tiba-tiba datang. Kolam kita ikut terkena, ikan-ikannya hanyut semua. Awal yang kita tebarkan benihnya sekitar 900 kg, sekarang tinggal tersisa sekitar 100 kg. Kalau dirupiahkan sampai belasan juta kerugian yang dialami desa," jelas Kades, Oto Komri.

Lebih lanjut kades berharap adanya pihak-pihak yang bersedia menanggulangi masalah yang sedang dihadapi, mengingat program ketahanan pangan direalisasikan untuk membantu ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat dalam rangka menghadapi krisis pangan.(sir1) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: