Bunga Rafflesia Tumbuh Mekar di Kebun Karet Warga Lagan Bungin

Bunga Rafflesia Tumbuh Mekar di Kebun Karet Warga Lagan Bungin

Inilah Bunga Rafflesia yang Mekar di Kebun Karet Desa Lagan Bungin, Bengkulu Tengah--

RAKYAT BENTENG.COM - Jika lazimnya lokasi tumbuh Bunga Rafflesia Arnoldi di kawasan Hutan Lindung Liku Sembilan, Kecamatan Taba Penanjung yang memang merupakan habitat puspa langka itu, namun tidak kali ini. 

Rafflesia ditemukan tumbuh mekar di area perkebunan sawit milik warga di Desa Lagan Bungin, Kecamatan Semidang Lagan. 

Diceritakan pemilik kebun, Ansori, kali pertama yang menemukan bunga rafflesia adalah warga yang memang biasa memancing di sungai dekat kebunnya. Bunga itu sendiri sudah mekar beberapa hari lalu dan saat ini mengeluarkan bau tak sedap. Mekarnya bunga diperkirakan akan berlangsung selama sepekan, lalu membusuk dan mati. 

"Mekarnya bunga pertama kali diketahui oleh warga yang memang biasa memancing di sekitar kebun saya. Selain satu bunga ini, masih ada tiga bunga lagi yang masih berbentuk bonggol,’’ kata Ansori. 

Ansori menambahkan, penemuan bunga rafflesia di kebunnya hampir terjadi setiap tahun. Ia sendiri kurang memahami apakah areal kebunnya merupakan habitat bunga rafflesia juga seperti halnya di kawasan liku sembilan. Jelasnya Ansori tidak melarang jika ada warga yang berkunjung dan mengambil gambar. Hanya saja diingatkan untuk tidak merusak bunga.

‘’Mekarnya bunga rafflesia ini memang setiap tahun di kebun. Hanya berbeda tempat saja,’’ demikian Ansori.(cw3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: