Selain Objek Wisata, Ternak Ayam Petelur Jadi Andalan BUMDes Bukit

Selain Objek Wisata, Ternak Ayam Petelur Jadi Andalan BUMDes Bukit

Berkat dukungan kades dan perangkatnya, BUMDes Bukit produktif dalam menjalankan usahanya--

LIPUTAN 11 RBt - Terkenal selama ini dengan potensi objek wisata air terjunnya, Desa Bukit yang terletak di Kecamatan Semidang Lagan juga memiliki sumber pendapatan lain dari sektor usaha. Dikelola BUMDes setempat, usaha ternak ayam petelur yang berdiri sejak tahun 2019 lalu cukup menjanjikan hasilnya. 

"Ya alhamdulillah, usaha ternak ayam petelur sudah berjalan sejak tahun 2019 sampai sekarang. Dikelola oleh BUMDes. Yang dijual telurnya saja. Hasilnya menjanjikan, selain telah mendatangkan keuntungan bagi BUMDes juga telah memberikan pemasukan bagi kas desa," urai Ali Amran, Kades Bukit ramah. 

Bukan tidak ada kendala dalam menjalankan usaha ternak ayam petelur, lebih lanjut kades menjelaskan bahwa naiknya harga pakan berpengaruh besar. Ditambah lagi berkurangnya stok bibit ayam yang berimbas terhadap kuantitas telur yang dihasilkan. 

Sejurus saja, menurut kades keberadaan objek wisata di desanya belum menghasilkan secara maksimal dari segi pendapatan. Ini tak lepas dari masih sulitnya jaringan seluler di desa untuk mempromosikan objek wisata tersebut, kemudian masih terbatasnya fasilitas untuk pengunjung. 

"Pengelolaannya (objek wisata, red) antara pemilik tanah dengan pengurus BUMDes. Untuk kendala,  kami terkendala susahnya untuk promosi dikarenakan jaringan seluler belun merata di desa kami, dan juga fasilitas untuk pengunjung yang masih kurang. Kami terus berupaya membenahi agar objek wisata desa kami semakin maju dan berkembang," demikian kades.(ae1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: