Tunggakan Peserta Mandiri Tembus Rp 10 M, BPJS Kesehatan Gandeng PWI

Tunggakan Peserta Mandiri Tembus Rp 10 M, BPJS Kesehatan Gandeng PWI

Tampak kekompakkan pengurus PWI Benteng dengan pimpinan BPJS Kesehatan seusai acara media gathering--

TALANG EMPAT RBt – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kemarin (Rabu, red) menggelar media gathering bersama dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Benteng.

Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kemitraan dan kolaborasi dalam hal informasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya memberikan imbauan kepada masyarakat khusus di Benteng bahwa tunggakan iuran peserta mandiri BPJS Kesehatan yang telah mencapai Rp 10 miliar.

Kepala BPJS Kesehatan Benteng, Melisa Aripka Aritonang mengatakan, berdasarkan pendataan, jumlah peserta BPJS Kesehatan mandiri yang menunggak mencapai 20.959 jiwa. Rinciannya 470 jiwa untuk kelas I, 1.389 untuk kelas II dan 19.100 untuk kelas III.

‘’Di Benteng sendiri, tunggakan iuran mencapai Rp 10 miliar dari 20 ribuan peserta mandiri. Oleh karena itu kedepan, dengan adanya kolaborasi dengan insan pers agar banyak masyarakat yang kian sadar dan taat untuk membayar iuran BPJS-nya,’’ ujar Melisa.

Melisa menuturkan, terdapat beberapa upaya dalam menanggulangi banyaknya tunggakan di Benteng. Diantaranya dengan melakukan program telecollecting dan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB). 

‘’Kami juga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk bisa mencicil iuran BPJS melalui program REHAB ini,’’ kata Melisa.

Terpisah, Ketua PWI Benteng, Leonardo Ferdian, SE menyambut baik kegiatan media gathering bersama BPJS Kesehatan. Selain menambah pengetahuan bagi pengurus PWI Benteng berkaitan dengan program BPJS Kesehatan, kedepan PWI Benteng berkomitmen membantu menyebarluaskan segala bentuk informasi seputar BPJS. Salah satunya imbauan kepada masyarakat untuk tepat waktu dalam pembayaran iuran.

‘’Kami dari PWI Benteng menyambut baik kegiatan ini. Adalah peran kami selaku insan pers dapat membantu memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, khususnya untuk membayar iuran tepat waktu karena hal itu merugikan masyarakat sendiri yang tidak bisa menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan,’’ pungkas Leonardo. 

Untuk diketahui, kegiatan media gathering dilaksanakan di aula kantor Camat Talang Empat sekitar pukul 09.30 WIB. Turut hadir, Wakil Ketua PWI Benteng, Harri Sutriansyah, Sekretaris, Dedi Damhudi. Lalu pengurus lain, Bakti Setiawan, Fenzi Ronal, Ferizal Adek dan Jhasa Putra.(fry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: