Kades Kelindang Atas Bagikan Tips Kembangkan BUMDes Jamur Tiram

Minggu 27-10-2024,23:15 WIB
Reporter : Ricky Saputra
Editor : Leonardo Ferdian

Kades Kelindang Atas Bagikan Tips Kembangkan BUMDes Jamur Tiram

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat desa. Dalam upaya memaksimalkan potensi BUMDes, salah satu kepala desa di Kecamatan Merigi Kelindang, Mardian, S.Pd, membagikan tips dan trik untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui usaha budidaya jamur tiram.

Mardian menekankan pentingnya dukungan masyarakat dalam mengembangkan BUMDes. Ia mengungkapkan bahwa pengurus BUMDes perlu memiliki jiwa bisnis yang kuat agar unit usaha dapat berkembang dengan baik.

BACA JUGA:Merendam Kaki Dengan Cuka Apel Ternyata Banyak Manfaat Loh, Penasaran?

"Pertama, dukungan masyarakat sangat penting. Kedua, pengurus BUMDes harus memiliki struktur yang jelas, seperti ketua, bendahara, dan sekretaris, agar manajemen usaha dapat berjalan efektif. Ketiga, peran Pemerintah Desa juga krusial dalam memajukan BUMDes," jelas Mardian.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya pemahaman tentang pemasaran produk.

BACA JUGA:Tips dan Trik Mengunci Obrolan di Aplikasi WhatsApp

"Kita harus tahu di mana dan bagaimana memasarkan produk kita. Perencanaan yang matang dan pengelolaan modal yang baik adalah kunci keberhasilan BUMDes. Banyak yang sudah memiliki modal, tetapi kesulitan dalam pengelolaan uang," pungkas Mardian.(one)

Kategori :