Penasaran Mobil Buatan Pindad yang Dipakai Presiden Prabowo Saat Pelantikan? Ini Spesifikasinya

Sabtu 26-10-2024,16:43 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

RAKYATBENTENG.COM - Pindad MV3 Garuda atau Maung Garuda menarik perhatian setelah digunakan oleh Prabowo Subianto setelah dilantik sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia. 

Prabowo diambil sumpah sebagai Presiden baru Indonesia pada hari Minggu (20/10/2024). 

Bersamaan dengan itu, Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra sulung dari Presiden RI ke-7 Joko Widodo, juga dilantik sebagai Wakil Presiden RI ke-14. 

Seusai dilantik, Prabowo meninggalkan Gedung MPR/DPR RI di Senayan, Jakarta menuju Istana Merdeka di Gambir, Jakarta. Secara mengejutkan, ia menggunakan mobil merek Indonesia yang baru pertama kali terlihat yakni Maung Garuda atau MV3 Garuda.

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Alfamidi 25-27 Oktober 2024, Minyak Goreng Mulai Rp30 Ribuan

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Indomaret 25-27 Oktober 2024, Ada Banyak Diskon Serba Hemat

Sepanjang perjalanan ke Istana Merdeka, Prabowo terlihat menyapa warga yang sudah berkerumun. Ia terlihat berdiri dan meluaskan tubuhnya melalui Sunroof dari Maung Garuda atau MV3 Garuda.

Maung Garuda atau MV3 Garuda tidak hanya digunakan oleh Prabowo. Jokowi, atau Joko Widodo, juga diundang untuk menggunakannya saat pergi dari Istana Merdeka ke Bandar Udara Halim Perdanakusumah untuk terbang ke Solo, Jawa Tengah, tempat kelahirannya.

MV3 Garuda atau Maung Garuda, menurut Pindad dalam akun resmi Instagram mereka, merupakan versi yang dikembangkan dari MV3 yang dirancang khusus untuk Presiden Prabowo. Tujuan dari kehadiran Garuda Limousine Kepresidenan adalah untuk menunjukkan kemandirian bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Menjadikan PC Windows 11 Mode Gaming? Tips Pengaturan Berikut Boleh Dicoba

BACA JUGA:4 Fakta Menarik Bobby Kertanegara, Kucing Kesayangan Prabowo Subianto yang Ikut Tinggal di Istana Negara

Spesifikasi Pindad MV3 Garuda atau Maung Garuda:

MV3 Garuda atau Maung Garuda memiliki lapisan warna putih. Putih merupakan warna favorit dari Prabowo.

Varian MV3 tersebut memiliki dimensi panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi 1,87 meter. Kendaraan ini memiliki berat 2,95 ton dan dirancang dengan jarak sumbu roda yang panjang untuk kenyamanan.

Mesinnya memiliki tenaga 199 hp dan bisa mencapai kecepatan maksimal 100 km per jam, namun kapasitas mesin tidak diungkapkan. Sebagai pilihan alternatif, tersedia transmisi otomatis (AT) delapan percepatan.

Kategori :