5 Makanan yang Dapat Membantu Mengurangi Gejala Depresi, Apa Saja?

Minggu 29-09-2024,23:09 WIB
Reporter : Mezi Adriansa
Editor : Nanang Setiawan

RAKYATBENTENG.COM - Depresi adalah kondisi kesehatan mental yang sering dialami banyak orang dan dapat memengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. 

Meskipun penanganan medis seperti terapi dan obat-obatan penting, perubahan gaya hidup, termasuk pola makan, juga berperan penting dalam mengurangi gejala depresi. 

Beberapa makanan diketahui memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan fungsi otak. 

Berikut adalah 5 makanan yang dapat membantu mengurangi gejala depresi.

1. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel kaya akan asam lemak omega-3, yang terbukti memiliki manfaat besar bagi kesehatan mental. Omega-3 dapat meningkatkan fungsi otak dan membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan depresi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan berlemak memiliki risiko lebih rendah terkena depresi.

2. Kacang-Kacangan

Kacang almond, kenari, dan pistachio adalah sumber magnesium yang sangat baik. Mineral ini berperan dalam produksi neurotransmitter seperti serotonin, yang berfungsi mengatur suasana hati. Kekurangan magnesium sering dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi, sehingga menambahkan kacang-kacangan dalam diet harian bisa membantu menjaga keseimbangan mental.

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Superindo Periode 27-29 September 2024, Spesial Gajian Belanja Murah

3. Dark Chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam dengan kandungan kakao tinggi dikenal memiliki efek positif dalam meningkatkan mood. Cokelat ini mengandung senyawa feniletilamin dan flavonoid yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak serta meningkatkan produksi hormon bahagia, seperti endorfin dan serotonin. Konsumsi secukupnya dark chocolate bisa menjadi cara sederhana untuk mengurangi stres dan kecemasan.

4. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan folat (vitamin B9) yang berperan penting dalam fungsi otak. Kekurangan folat telah dikaitkan dengan gangguan suasana hati dan depresi. Mengonsumsi sayuran hijau secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar folat dalam tubuh dan berkontribusi pada kesehatan mental yang lebih baik.

5. Telur

Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung banyak vitamin D serta B12, yang terbukti berperan dalam menjaga kesehatan otak. Vitamin D, khususnya, dikenal dapat membantu mengurangi gejala depresi, terutama pada orang yang mengalami kekurangan vitamin ini. Mengonsumsi telur setiap hari bisa menjadi cara sederhana untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

Tags :
Kategori :

Terkait