Apakah Susu Kedelai Pengaruhi Ukuran Payudara? Simak Penjelasan Berikut

Jumat 20-09-2024,22:04 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

RAKYATBENTENG.COM - Susu kedelai telah lama dikenal sebagai alternatif populer bagi orang-orang yang mencari pengganti susu sapi atau produk susu lainnya. 

Selain berbagai manfaatnya bagi kesehatan, ada juga beberapa yang mengklaim bahwa konsumsi susu kedelai dapat memperbesar ukuran payudara. Namun, benarkah susu kedelai mempunyai kemampuan mempengaruhi pertumbuhan payudara? Simak faktanya di bawah ini.

Susu Kedelai Tidak Pengaruhi Ukuran Payudara

Susu kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, seperti genistein dan daidzein, yang merupakan sejenis fitoestrogen. Fitokimia ini dapat berinteraksi dengan reseptor estrogen dalam tubuh manusia. 

BACA JUGA:Momen Haru Pj Bupati Heri Roni Melepas Rachmat Riyanto sebagai Sekda Bengkulu Tengah

BACA JUGA:5 Perbedaan Body Serum dan Body Lotion, Mana yang Lebih Baik untuk Kulit?

Estrogen sendiri merupakan hormon yang terlibat dalam pengaturan berbagai fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan dan perkembangan payudara.

Meskipun susu kedelai memiliki sifat mirip estrogen, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu kedelai tidak berpengaruh terhadap ukuran payudara. Studi mengenai hubungan ini cenderung menunjukkan hasil yang tidak konsisten.

Faktor-Faktor Mempengaruhi Ukuran Payudara

Ukuran dan bentuk payudara setiap individu dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang kompleks. Faktor genetik merupakan salah satu faktor utama yang menentukan ciri-ciri dada seseorang. Gen yang diwarisi orang tua dapat mempengaruhi pertumbuhan jaringan payudara, termasuk kadar hormon yang diproduksi tubuh.

BACA JUGA:Film Laura yang Diangkat dari Kisah Nyata Seorang Influencer, Berikut Sinopsisnya

BACA JUGA:14 Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Alat Bantu, Ini Pesan Sekda Rachmat Riyanto

Misalnya, jika seseorang di keluarga dekat Anda memiliki payudara besar, maka Anda memiliki kecenderungan genetik untuk juga memiliki payudara besar. 

Penampilan payudara tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormonal, tetapi juga komposisi lemak dalam tubuh. Jumlah total lemak tubuh dan distribusinya dalam tubuh dapat mempengaruhi ukuran payudara.

Kategori :