Ini 9 Manfaat Power Walking, Olahraga Simpel Tapi Sangat Menyehatkan

Rabu 04-09-2024,20:52 WIB
Reporter : Nur Meisuary
Editor : Nanang Setiawan

Gerakan ini juga dapat mengurangi atau mencegah hilangnya kepadatan (massa) tulang, terutama pada penderita osteoporosis. Berjalan dengan intensitas sekitar 75 persen atau lebih VO2 max dapat memberikan perlindungan terhadap pengeroposan tulang.

Studi lain menemukan bahwa jalan cepat dengan kecepatan 5 hingga 6 km/jam / 3,1 hingga 3,7 mph menghasilkan tegangan tekan dan tarik pada tingkat yang mirip dengan melompat atau berlari dengan kecepatan 5 hingga 9 km / jam atau 3,1 hingga 5,6 mph.

Mereka menyimpulkan bahwa program pelatihan yang mencakup jalan cepat lebih dari 5 km/jam dan latihan lari dapat meningkatkan atau mempertahankan kepadatan mineral tulang leher femoralis. Dengan kata lain, jalan cepat dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.

BACA JUGA:Mau Beli HP Murah tapi Canggih? Ini Dia 6 Rekomendasi HP dengan Fitur NFC Terbaik 2024, Harga Cuma Sejutaan

BACA JUGA:Lowongan Magang BUMN dari Bank Mandiri untuk Mahasiswa Aktif, Cek Posisi dan Kualifikasi Lengkapnya Disini

8. Menurunkan Kolesterol Jahat

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kolesterol. Beberapa pilihan aktivitas fisik termasuk jalan cepat, joging, dan latihan ketahanan. Kolesterol membantu tubuh membangun sel, memproduksi vitamin dan hormon, serta mencerna makanan berlemak tertentu.

Namun, kadar lipoprotein densitas rendah (LDL/kolesterol jahat) yang tinggi dapat berbahaya dan membuat seseorang berisiko mengalami banyak masalah kesehatan, termasuk serangan jantung dan stroke. Jalan cepat dan teratur adalah cara yang baik untuk melakukan hal ini. tetap bugar dan sehat, yang seringkali lebih mudah dilakukan daripada berlari.

Olahraga dengan intensitas sedang setiap minggu dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL/kolesterol baik).

9. Menurunkan Risiko Kanker

Olahraga teratur dengan intensitas sedang hingga berat, seperti jalan cepat, dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga berat 1 hingga 2 menit sehari dapat mengurangi risiko kanker. berjalan cepat, menaiki tangga, melakukan pekerjaan rumah tangga yang berat atau bermain dengan anak-anak.

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi CPNS Kemenag 2024 Sudah Dibuka, Ini Rincian Formasinya

BACA JUGA:Megathrust Mengancam, Pemprov Keluarkan Surat Edaran Waspada, Ini Isinya

Orang dewasa yang melakukan aktivitas berat selama sekitar 4 1/2 menit memiliki risiko kanker 30% lebih rendah. Memahami manfaat kesehatan dari aktivitas berat dalam kehidupan sehari-hari penting bagi banyak orang. 

Selain itu, jalan cepat juga dapat dilakukan dengan sangat mudah, tanpa memerlukan peralatan. Jalan cepat menekankan kecepatan dan gerakan lengan untuk meningkatkan detak jantung dan merangsang manfaat kesehatan lainnya.

Jika Anda ingin meningkatkan kecepatan berjalan setiap hari, tingkatkan kecepatan Anda dengan mengambil lebih banyak langkah per menit, tekuk lengan, dan ayunkan perlahan saat berjalan. 

Kategori :